ANALISA PENGGUNAAN CAMPURAN SEMEN PADA TIMBUNAN TANAH LUNAK DALAM MENINGKATKAN DAYA DUKUNG TERHADAP NILAI UJI CBR
Abstract
Tanah merupakan suatu elemen penting pada struktur lapis pondasi bawah Pekerjaan timbunan /tanggul khususnya timbunan jalan tanah lunak harus mempunyai daya dukung yang kuat agar kekuatan lapis jalan mampu menahan beban yang dipikul juga terhadap bahayalongsor/ geser tanah disebabkan sifat tanah tidak stabil.Secara khusus tanah terkadang mempunyai sifat berbeda di lapangan banyak ditemukan tanah memiliki daya dukung rendah dan Indeks Plastisitas tinggi seperti tanah lempung,A-7.dan sering terjadi kegagalan daya dukung pondasi jalan. Oleh karena itu perlu melakukan stabilisasi tanah dengan tujuan meningkatkan daya dukung tanah tersebut. Metode penelitian menggunakan metode AASTHO dan USCS dengan menentukan karateristik tanah baik sifat fisis maupun sifat mekanis.akan didapatnya parameter serta krateristik tanah lempung tersebut. Penelitian bertujuan menentukan daya dukung tanah dengan cara menambah semen terhadap campuran tanah lunak dengan komposisi tertentu yang kemudian diuji dengan California bearing ratio (CBR)uji soasked..Sedangkan komposisi campuran digunakan dalam penambahan campuran semen sebesar 5%, 10%, dan 15%dari berat agregat dalam uji CBR sedangkan penambahan jumlah air optimum OMC24% berdasarkan uji proctor standard, uji waktu pemeraman benda uji yaitu 1, 7, dan 14 hari.Dari hasil uji yang dilakukan didapat dari uji nilai CBR terbesar terjadi pada variasi penambahan Semen 15% dengan lama waktu pemeramahan 14 hari diperoleh sebesar CBR sebesar185.50%, Kesimpulan tanah lunak yang mempunyai IP rendah bila dicampur dengan semen dengan komposisi campuran tertentu dan kemudian dilakukan uji proctor dengan nilai kadar air optimum tertentu sangat berpengaruh terhadap perobahan sifat tanah lempung baik sifat fisis dan mekanis sehingga nilai stabilsasi tanah dari uji CBR akan meningkat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
. Abdurrozak, M. R., & Mufti, D. N. 2017. Stabilisasi Tanah Lempung dengan Bahan Tambah Abu Sekam Padi dan Kapur pada Subgrade Perkerasan Jalan. Jurnal Teknisia, XXII (2), 416–424.
. Afriani, L., & Juansyah, Y. 2016. Pengaruh Fraksi Pasir Dalam Campuran Tanah Lempung Terhadap Nilai CBR dan Indeks Plastisitas Untuk Meningkatkan Daya Dukung Tanah Dasar. Jurnal Rekayasa, 20(1), 24–32.
. Akbar, S. J. 2017. Kajian Pengaruh Nilai CBR Subgrade Terhadap Tebal Perkerasan Jalan (Studi Komparasi CBR Kecamatan Nisam Antara, Kecamatan Sawang dan Kecamatan Kuta Makmur). Teras Jurnal, 3(2), 138. https://doi.org/10.29103/tj.v3i2.39
. Andriani, Yuliet, R., & Fernandez, F. L. 2012. Pengaruh Penggunaan Semen Sebagai Bahan Stabilisasi Pada Tanah Lempung Daerah Lambung Bukit Terhadap Nilai CBR Tanah. Jurnal Rekayasa Sipil, 8(1), 29–44.
. Apriyanti, Y. 2013. Peningkatan Nilai CBR Tanah Lempung dengan Menggunakan Semen untuk Timbunan Jalan. Jurnal Fropil, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33019/fropil.v1i2.263
. Aribudiman, I. N., & Widyatmika, I. N. H. 2017. Analisis Pengaruh Pemeraman Tanah Lempung Yang Dicampur Dengan Aspal Emulsi. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 21(2), 143–152. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/JITS.2018.v21.i02.p08
. Badan Litbang Kementerian PUPR. 2015. Daftar Standar dan Pedoman Bahan Kosntruksi Bangunan dan Rekayasa Sipil (Maret). Badan Litbang Kementerian PUPR.
. Badan Standarisasi Nasional. 2006. Cara Uji Penentuan Batas Plastis dan Indeks Plastisitas Tanah SNI 1966:2006. Badan Standarisasi Nasional (BSN).
. Badan Standarisasi Nasional. 2008. Cara Uji Penentuan Batas Cair Tanah SNI 1967:2008 (ICS 93.020). Badan Standarisasi Nasional (BSN).
. Badan Standarisasi Nasional. 2015. Tata Cara Pengklasifikasian Tanah untuk Keperluan Teknik dengan Sistem Klasifikasi Unifikasi Tanah (ASTM D 2487-06, MOD) (ICS 93.020). Badan Standarisasi Nasional (BSN).
. Bina Marga. 2017. Manual Manajemen Proyek. In Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jendral Bina Marga (Revisi 2). Kementerian PUPR Direktorat Jenderal Bina Marga.
. Darwis. 2018. Dasar-dasar Mekanika Tanah (I, Issue Februari). Pena Indis.
. Das, B. M. 2021. Principle of Geotechnical Engineering (Tenth). Cengage.
. Das, B. M., Endah, N., & Mochtar, I. B. 2001. Mekanika Tanah (Prinsip-prinsip Rekayasa Geoteknis) (2nd ed.). Penerbit Erlangga.
. Dermawan, H. 2017. Uji Kompaksi ASTM D698 Dan ASTM D1557.
. Hardiyatmo, H. C. 1992. Mekanika Tanah I. Gadjah Mada University Press.
. Hardiyatmo, H. C. 2022. Analisis dan Perancangan Fondasi II (5th ed.). Gadjah Mada University Press.
. Irfan, A., Nenobais, H., & Darmanto. 2021. Implementasi Standar Pelayanan Minimal Jalan Tol (Sebuah Pendekatan Kebijakan Publik) (Vol. 1). Penerbit Amerta Media. www.penerbitbuku.id
. Istianto, B. 2019. Transportasi Jalan di Indonesia Sejarah dan Perkembangannya (I). Melvana Publishing.
. Junaidi. 2022. Perbandingan Daya Dukung ( CBR ) Kondisi Soaked Dan Unsoaked Agregat Kelas B Berdasarkan Variasi Gradasi Lapangan ( Studi Kasus : Material Agregat Kelas B di Quary Pulau Bengkalis ). Seminar Nasional Industri Dan Teknologi, November, 124–133.
. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. 2017. Manual Desain Perkerasan Jalan No.02/M/BM/2017 (Issue 02). Direktorat Jenderal Bina Marga.
. Kurniawan, V., Zaika, Y., & Harimurti. 2014. Pengaruh Penambahan Serbuk Gypsum dengan Lamanya Waktu Pengeraman (Curing) terhadap Karakteristik Tanah Lempung Ekspansif di Bojonegoro. Jurnal Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil, 1(2).
. Kusuma, R. I., Mina, E., Fathonah, W., & Kartika, C. D. 2020. Stabilisasi Tanah Lempung Organik Menggunakan Semen Slag Terhadap Nilai Cbr Berdasarkan Variasi Kadar Air Optimum (Studi Kasus Jl. Raya Kubang Laban, Desa Terate, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang). Jurnal Fondasi, 9(2), 154. https://doi.org/10.36055/jft.v9i2.9015
. Mahardika, A. G., & Pratama, M. F., 2020, Pengujian Pemadatan Tanah Metode Standard Proctor Dengan Alat Uji Pemadat Standard. Isu Teknologi STT Mandala, 15(2), 64–68.
. Mantiri, C. C., Sendow, T. K., & Manoppo, M. R. E. 2019. Analisa Tebal Perkerasan Lentur Jalan Baru Dengan Metode Bina Marga 2017 Dibandingkan Metode Aashto 1993. Jurnal Sipil Statik, 7(10).
. Maryati, & Apriyanti, Y. 2016. Analisis Perbandingan Penggunaan Limbah Gypsum Dengan Semen Sebagai Bahan Stabilization Tanah Lempung. FROPIL (Forum Profesional Teknik Sipil), 4(1), 49–64. https://journal.ubb.ac.id/index.php/fropil/article/view/1240
. Nasution, B. A. 2019. Analisis Pengaruh Penambahan Gypsum Dan Semen Untuk Stabilisasi Tanah Lempung. Universitas Medan Area.
. Nilawati, Mahsyar, A., & Tahir, M. 2021. Peran Pemerintah Dalam Menanggulangi Kerusakan Infrastruktur Jalan Di Kabupaten Bone. Jurnal Unismuh, 2(5), 1859–1873. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kimap/index
. Prasetyo, M. A., & Arifudin, R. 1995. Pengaruh Kadar Air Terhadap Stabilisasi Tanah Lempung dengan Semen Pada Subgrade Jalan Raya (Vol. 164).
. Undang-Undang RI Nomor 38 Tentang Jalan, Pub. L. No. 38, 1., 2004. http://www.dpr.go.id/dokblog/dokumen/F_20150616_4760.PDF
. Ramadhan, M. E., Utomo, S. H. T., & Suparma, L. B. 2020. Stabilisasi Tanah Lempung Menggunakan Semen Dan Aspal Emulsi Terhadap Subgrade Perkerasan Jalan. Teknisia, XXV(1), 1–10. https://doi.org/10.20885/teknisia.vol25.iss1.art1
. Syafruddin. 2007. Hubungan Teoritis Antara Berat Isi Kering dan Kadar Air Untuk Menentukan Kepadatan Relatif. Info Teknik, 8(2), 142–150.
. Tedjo, Y. 2015. Mekanika Tanah Modul 3 Klasifikasi Dari Sifat Tanah. http://www.ocw.upj.ac.id/files/Slide-TSP204-PERTEMUAN-3-KLASIFIKASI-DARI-SIFAT-TANAH.pdf
. Tenrianjeng, A. T.(2012. Rekayasa Jalan Raya -2. In Universitas Gunadharma Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Kamaluddin Kamaluddin, Nela Permata Sari, Marwan Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)
Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217
Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id
Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License