EVALUASI PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) BERDASARKAN ANALISIS SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (SMK3) DI RUMAH SAKIT

Abdurrozzaq Hasibuan, Suhela Putri Nasution

Abstract


Masalah Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) secara umum di Indonesia masih sering. Hal ini ditunjukkan dengan masih tingginya angka kecelakaan kerja. Kewajiban untuk menyelenggarakaan Sistem Manajemen K3 pada perusahaan-perusahaan besar melalui UU Ketenagakerjaan, baru menghasilkan 2,1% saja dari 15.000 lebih perusahaan berskala besar di Indonesia yang sudah menerapkan Sistem Manajemen K3.Di samping itu, yang masih perlu menjadi catatan adalah standar keselamatan kerja di Indonesia ternyata paling buruk jika dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya, termasuk dua negara lainnya, yakni Bangladesh dan Pakistan. Jumlah kecelakaan kerja yang tercatat juga tidak menggambarkan kenyataan di lapangan yang sesungguhnya yaitu tingkat kecelakaan kerja yang lebih tinggi lagi. Pelaporan kecelakaan kerja sebenarnya diwajibkan oleh undang-undang, namun terdapat dua hal penghalang yaitu prosedur administrasi yang dianggap merepotkan dan nilai klaim asuransi tenaga kerja yang kurang memadai. Di samping itu, sanksi bagi perusahaan yang tidak melaporkan kasus kecelakaan kerja sangat ringan.Rumah Sakit Umum XYZ (RSU XYZ). RumahSakitUmumsalah satu rumah sakit terbesar tentunya telah menerapkan SMK3 untuk menjamin keselamatan para pekerjanya. SMK3 di RSU XYZ ternyata belum terlaksana dengan baik, hal ini dapat dilihat dari data-data mengenai laporan kecelakaan akibat kerja yang ada, Total kecelakaan yang terjadi yaitu 7 (tujuh) kasus, sedangkan angka kecelakaan menurun dan hanya terdapat 3 (tiga) kasus, selanjutnya terjadi 2 (dua) kasus kecelakaan kerja, dan terjadi peningkatan jumlah kecelakaan kerja yaitu sebanyak 9 (sembilan) kasus.


Keywords


Evaluasi SMK3; Tingkat KecelakaanKerja; Kesehatan Kerja

Full Text:

PDF

References


M. L. M. Astari and I. M. S. Suidarma, 2022, Implementasi Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) pada PT ANTAM Tbk,” J. Penelit. Manaj. Terap. , vol. 7, no. 1, pp. 24–33.

R. Pakereng et al., 2019, Evaluasi Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Pekerjaan Gedung Apartemen Begawan Malang, Prosidig Semin. Nas. Teknol. Ind. Limgkungan dan Infrastruktur, vol. 2, pp. 1–5, [Online]. Available: https://pro.unitri. ac.id./index.php/sentikuin.

M. S. Dra. Sri Redjeki, 2016, Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Jakarta Selatan: Pusdik SDM Kesehatan.

Presiden Republik Indonesia, 2012. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2012, pp. 1–80.

V. Michael, T. Lempoy, G. Y. Malingkas, B. F. Sompie, and D. R. O. Walangitan, 2013, Peranan Konsultan Manajemen Konstruksi Pada Tahap Pelaksanaan (Studi Kasus : Pembangunan Star Square), J. Sipil Statik, vol. 1, no. 3, pp. 215–218.

M. . Muhamad Ali, 2013, Modul Kuliah Manajemen Industri ‘Manajemen Kualitas, in Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, pp. 1–12.

al Rahman Tanjung, et, 2021, Organisasi dan Manajemen, vol. 1. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Novi Berliana, 2021, ISSN 2798-3641 (Online), Sumber Informasi, Pengetah. Dan Sikap Pencegah. Remaja Terhadap Pencegah. Kehamilan Bagi Remaja Di Kota Jambi Tahun 2021, vol. 1, no. 6, p. 903.

Abdurrozzaq Hasibuan dkk, 2020, Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Medan: Yayasan Kita Menulis.

N. Wahyuni, B. Suyadi, and W. Hartanto, 2018, Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Pt. Kutai Timber Indonesia,” J. Pendidik. Ekon. J. Ilm. Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekon. dan Ilmu Sos., vol. 12, no. 1, p. 99, doi: 10.19184/jpe.v12i1.7593.

Dr. Garaika, 2020, Manajemen Sumber Daya Manusia, no. Maret. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Rhaptyalyani Herno Della dkk, 2021, Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Era Society 5.0. Bondowoso: Eureka Media Aksara.

M. P. Umum, 2014, Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor :05/PRT/M/2014, pp. 1–14.

J. Amin and K. Bararah, 2021, Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Tameh J. Civ. Eng., vol. 10, no. 1, pp. 20–27, 2021, doi: 10.37598/tameh.v10i1.127.

Siswanto Sastrohadiwiryo.2005. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia :Pendekatan Administratif Dan Operasional. PT Bumi Aksara

Soehatman Ramli. Husjain Djaningrat. Risa Praptono. Koes Priyadi. 2010. Pedoman Praktis Manajemen Resiko Dalam Perspektif K3 : OHS RISK Management.Jakarta. Dian Rakyat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Abdurrozzaq Hasibuan, Suhela Putri Nasution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License