ANALISA DAMPAK LALULINTAS AKIBAT KETERBATASAN LAHAN PADA RUANG PARKIR PASAR IKAN PUSONG KOTA LHOKSEUMAWE

Tessana Rosalia, Herman Fithra, Nura Usrina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik parkir pada badan jalan, juga untuk menganalisis dampak aktivitas parkir terhadap kinerja lalulintas, serta untuk alternatif upaya pengendalian parkir di sekitar Pasar Ikan Pusong Kota Lhokseumawe. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini merupakan survei jumlah kendaraan meliputi jumlah kendaraan ringan, kendaraan berat, dan sepeda motor. Pedoman yang digunakan adalah Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (PKJI) dan Penataan parkir dan pola pengkajiannya mengacu pada Pedoman Teknis Penyelengaraan Fasilitas Parkir, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat 1996 dengan variabel penelitiannya adalah survei keluar masuknya kendaraan, volume lalulintas, hambatan samping dan kecepatan kendaraan. Pengamatan dilakukan selama 7 hari dengan durasi 12 jam per hari. Hasil analisis kinerja ruas jalan didapatkan bahwa volume lalulintas tertinggi yang ada di ruas jalan sekitar Pasar ikan Pusong pada jalan Gudang Baru yaitu 658,40 skr/jam, sedangkan pada jalan Perniagaan yaitu 987,20 skr/jam dengan indeks tingkat pelayanan berada pada kategori B. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan analisis uji korelasi bahwa parkir pada badan jalan Gudang Baru yang paling berpengaruh yaitu volume parkir, sedangkan pada jalan Perniagaan yang paling berpengaruh yaitu volume parkir dan akumulasi parkir.


Keywords


Volume; Lalulintas; Parkir; Badan Jalan; Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Departemen Perhubungan Direktur Jenderal Perhubungan Darat, 1996. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. Jakarta.

Miro, Fidel, 1997, Sistem Transportasi Kota, Bandung, Penerbit Tarsito.

Fata, Z., 2010. Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi pendapatan. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/11 369/Analisis-faktor-yang- mempengaruhi-pendapatan- pedagang-batik-Study-Kasus-di-Pasar-Klewer-Jawa-Tengah

Hobbs, 1995. Perencanaan Dan Teknik Lalu Lintas Edisi Kedua. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta

Mankiw, N.Gregory. 2007. Makroekonomi, Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga

Departemen Pekerjaan Umum. 2014. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia. Direktorat Jendral Bina Marga

Maria Junita, K. (2022). Pengaruh Parkir Di Badan Jalan Terhadap Kinerja Ruas Jalan Cak Doko.Jurnal Teknik Sipil, Vol 2

Alik Ansyori Alamsyah, 2008, Rekayasa Lalu Lintas (edisi Revisi), Universitas Muhammadiyah Malang Press, Malang

Sadono, S.,Sukirno, 1994. Pengantar Teori Makro Ekonomi .Dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Silvia. Nova Bandung. Makasar

Warpani, 2010. Merencanakan Sistem Perangkutan Intitut Teknologi Bandung. Bandung

Warpani, S. 1998. Rekayasa Lalu Lintas. Bhatara Karya Aksara. Jakarta

Tamin, O.Z, 2008. Perencanaan, Pemodelan & Rekayasa Dan Aplikasi. Universitas Terbuka, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tessana Rosalia, Herman Fithra, Nura Usrina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License