PENGGUNAAN METODE BLENDING LEARNING UNTUK PENGAJARAN BERBASIS WEB

Hermansyah Alam, Muhammad Denny Syahputra, Helma Widya, M. Ilmi Zikri Firdaus

Abstract


Pendidikan menduduki peranan penting dalam upaya meningkatkan kualitas manusia, baik sosial, spiritual intelektual, maupun kemampuan profesional. Karena manusia merupakan kekuatan utama pembangunan, maka demikian mutu sistem pendidikan akan menentukan tingkat keberhasilan pembangunan. Salah satu cara agar tercapainya tujuan utama dari pembangunan pendidikan yaitu dengan meningkatkan kualitas pendidikan dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi informasi dan komunikasi. Pembelajaran blended learning atau pembelajaran campuran yang mengkombinasikan antara pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran online. Pembelajaran online (e-learning) merupakan pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan teknologi internet, intranet, dan berbasis web yang memungkinkan terjadinya interaksi belajar antara peserta didik dan pendidik dengan mengakses informasi dan materi pelajaran kapanpun dan dimanapun. Pengembangan yang digunakan pada e-learning ini berupa Learning Management Sistem (LMS). LMS ini merupakan sistem pengelolaan pembelajaran secara integratif berbasis website. LMS yang digunakan dalam pengembangan ini yaitu schoology. Schoology dilengkapi dengan berbagai macam pembelajaran yang hampir sama di kelas dunia nyata yaitu mulai dari absensi, test dan kuis, hingga kotak untuk mengumpulkan tugas mandiri dan berkelompok, UTS serta UAS. Pembelajaran blended learning dapat meningkatkan efektivitas dan fleksibilitas dalam pembelajaran serta meningkatkan kualitas pendidikan dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan komunikasi yang menjadi sebuah tujuan utama dalam menunjang peningkatan pendidikan yang bermutu.


Keywords


Pembelajaran; Blending Learning; Pengajaran; Web

Full Text:

PDF

References


Anwas. 2003. Model Inovasi E-learning dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.Jurnal teknodik, edisi No. 12/VII/Oktober/2003.

Ayuliana. 2011. Perangkat Lunak dan Pengembangannya.

Griffiths, Adam. 2010. CodeIgniter 1.7 Professional Development. Birmingham. PACKT Publishing.

Hartley. 2001. Selling E-Learning. American Society for Training and Development.

Hartono, Jogiyanto. 1999. Analisis dan Disain Sistem Informasi, Pendekatan Terstruktur Teoridan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta. Andi.

Kadir, Abdul. 2002. Dasar Pemrograman WEB Dinamis Menggunakan PHP. Yogyakarta. Andi.

Kenneth E. Kendall dan Julie E. Kendall, 2003. Analisis Sistem dan Perancangan Sistem. Jakarta.PT. Prenhallindo.

Marlinda, Linda. 2004. Sistem Basis Data. Yogyakarta. Andi.

Mc Clure dan Shah. 2003. Web Hacking Serangan dan Pertahanannya.Yogyakarta. Penerbit Andi.

Pramono, Andi dan M. Syafi’i. 2006. Kolaborasi Flash, Dreamweaver, danPHP untuk Aplikasi Website (Flash, Dreamwaver and PHP Colaboration for Website). Yogyakarta. ANDI Publisher.

Rochaety, dkk. 2005. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Wahana, Komputer. 2006. Membuat Website Interaktif dengan Macromedia.Yogyakarta. ANDI Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hermansyah Alam, Muhammad Denny Syahputra, Helma Widya, M. Ilmi Zikri Firdaus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK)

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek
Email: p.ilmiah@ft.uisu.ac.id

Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License