PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM MENGGUNAKAN JASA GO-JEK ONLINE DI KOTA MEDAN

Nilawati Nasti, Intan Sari Siregar

Abstract


Rumusan Masalah pada penelitian iniadalah : (1) apakah variabel budaya berpengaruh terhadap keputusan  dalam menggunakan jasa Go-jekonline di Fakultas Ekonomi UISU?. (2)apakahvariabel sosial berpengaruh terhadap keputusan  dalam menggunakan jasa Go-jekonline di Fakultas Ekonomi UISU?. (3) apakahvariabel pribadi berpengaruh terhadap keputusandalam menggunakan jasa Go-jek online di Fakultas Ekonomi UISU?. (4) apakahvariabel psikologi berpengaruhterhadap keputusan dalam menggunakan jasa Go-jekonline di Fakultas Ekonomi UISU?. (5)apakah variabel budaya, variabel sosial, variabel pribadi, dan variabel psikologi berpengaruh  terhadap keputusan dalam menggunakan jasa Go-jek online di Fakultas Ekonomi UISU?.Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui pengaruh budaya terhadap keputusan dalam menggunakan jasa Go-jek online di Fakultas Ekonomi UISU. (2) untuk mengetahui pengaruh variabel sosial terhadap keputusan dalam menggunakan jasa Go-jek online di Fakultas Ekonomi UISU. (3) untuk mengetahui pengaruh variabel pribadi  terhadap keputusan dalam menggunakan jasa GO-jek onlinedi Fakultas Ekonomi UISU. (4) untuk mengetahui pengaruh variabel psikologi terhadap keputusan dalam menggunakan jasa GO-jek online di Fakultas Ekonomi UISU. (5) untuk mengetahui pengaruh variabel budaya, variabel sosial, variabel pribadi, dan variabel psikologis terhadap keputusan dalam menggunakan jasa GO-jek online di Fakultas Ekonomi UISU. Subjek penelitian adalah 54 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi Manejemen UISU stambuk 2015-2018.  Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder.Hasil uji f menunjukkan bahwa perilaku konsumen berpengaruh positif& signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai probabilitas signifikansi dibawah 0.05 yaitu 0.000 dan nilai f sebesar 40.954. Sedangkan hasil uji t menunjukkan bahwa variabel budaya berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian dengan nilai probabilitas signifikansi  0.05 yaitu 0,005 dan nilai t sebesar -2.928.  Variabel sosial berpengaruh positif terhadap proses keputusan pembelian dalam menggunakan jasa Go-jek online di Kota Medan. Variabel pribadi berpengaruh positif terhadap proses keputusan pembelian dalam menggunakan jasa Go-jek online di Kota Medan. Faktor psikologis berpengaruh positif  terhadap proses keputusan pembelian dalam menggunakan jasa Go-jek online di Kota Medan.Variable kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologis berpengaruh berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dalam menggunakan jasa Go-jek online di Kota Medan.Hasil R2 = 0,770 yang berarti menjelaskan besarnya pengaruh budaya, sosial, Pribadi, dan psikologi terhadap keputusan pembelian dalam menggunakasan jasa Go-jek adalah sebesar 77% dan sisanya sebesar 33% dijelaskan variabel lainnyayang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.