PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA HANDPHONE OPPO (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi)

Misri ., Yulia Sasmita

Abstract


Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimanakah pengaruh brand ambassador (Duta Merek) terhadap keputusan pembelian handphone oppo pada Mahasiswa FE Manajemen Universitas Islam Sumatera Utara. 2. Bagaimanakah pengaruh Brand image (Citra Merek) terhadap keputusan pembelian handphone oppo pada Mahasiswa FE Manajemen Universitas Islam Sumatera Utara. 3. Bagaimanakah pengaruh brand ambassador (Duta merek) dan Brand image (Citra merek) terhadap keputusan pembelian handphone oppo pada Mahasiswa FE Manajemen Universitas Islam Sumatera Utara. Sedangkan tujuan penelitiannya adalahsebagai berikut: 1. Untuk mengetahui pengaruh brand ambassador terhadap keputusan pembelian handphone oppo pada mahasiswa FE Manajemen Universitas Islam Sumatera Utara Medan. 2. Untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian handphone oppo pada mahasiswa FE Manajemen Universitas Islam Sumatera Utara Medan. 3. Untuk mengetahui pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian handphone oppo pada mahasiswa FE Manajemen Universitas Islam Sumatera Utara Medan.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi  Universitas Islam Sumatera Utara Medan jurusan Manajemen angkatan 2015-2018 yang berjumlah 538 orang. Dan yang menjadi Sampel sebanyak 54 orang mahasiswa  FE UISU.  Teknik Pengumpulan Data, dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua teknik pengumpulan data, yaitu:Data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan:1. Brand Ambassador berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian handphone oppo studi kasus pada mahasiswa FE Manajemen Universitas Islam Sumatera Utara Medan karena 0,009>0,05 dan thitung > ttabel yakni 2.724 > 2.006. Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian handphone Oppo studi kasus pada mahasiswa FE Manajemen universitas islam sumatera utara medan, karena 0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel yakni 5,967 > 2.006. 3. Brand Ambassador  dan brand image  berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian handphone oppo studi kasus pada Mahasiswa FE Manajemen Universitas Islam Sumatera Utara Medan, karena Fhitung 25,995>Ftabel 3.17 dan nilai signifikansi 0,000< level of significant 0,05.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.