PENGARUH PENDIDIKAN, PELATIHAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR GURU TERHADAP PROFESIONALISME GURU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 TANJUNGBALAI

Nahwati ., Alfian Syahfrin, Diana Caturitawaty, Maria Ulfa Panjaitan, Budi Ertanto

Sari


This research aims at analysing the effect of teachers’ education, training, and teaching experience toteachers’professionalism in SMA Negeri 4 Tanjungbalai.Using Total Sampling technique, this research takes all the population, 40 teachers at SMA Negeri 4 Tanjungbalai as the sample. Results show that education positively and significantly effects teachers’ professionalism about 3,641 and significance value of 0,001at SMA Negeri 4 Tanjungbalai. Training has positive and significant effect about 2.768 and significance value of 0,009. Teaching experience has positive and significant effect about 3.800 and significance value of 0.001. Teachers’ education, training, and teaching experience simultaneously have positive and significant effect on teachers’ professionalism with Fcountvalue 31.040 and significance value 0.000. R Square value is 0.721. It means that 72.10% of teachers’ professionalism at SMA Negeri 4 Tanjungbalaiis effected by education, training, and teaching experience of the teachers. No research was conducted on the rest, 27,90%.

 Key Words: education, trainig, teaching experience, teachers’ professionalism


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Agustinari, Titiek. 2012. Pengaruh Motivasi Mengajar dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru SMP Negeri di Kecamatan Jetis Kota Yogyakarta.

Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati. 2014. Ilmu Pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Ahmadi, Abu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Amstrong, Michael. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Artasasmita, Romli. 2013. Teori dan praktek Manajemen Pendidikan. Yogyakarta : UII Pers.

Azwar, Saifuddin. 2011. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Handoko, T Hani. 2010. Menejemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : BPFE.

Haris, Herdiansyah. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu – Ilmu Sosial. Jakarta : Salemba Humanika.

Kamil, Mustofa. 2010. Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung : Alfabeta.

Kamil, Mustofa. 2010. Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Kaplan, R.M. dan Saccuzzo, D.P. 2013. Psychological Testing Principles, Application and Issues, Sixth Edition. USA : Wadsworth.

Kasnawati. 2015. Pengaruh Guru Propesional, Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Guru di SMPN 1 Bontoramba Kabupaten Jeneponto

Kunandar . 2011. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT. Raja Grafindo persada.

Kunandar. 2015. Pembelajaran Yang Efektif dan Menyenangkan. Jakarta : PT. Raja Grafindo persada.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Martinis, Yamin. 2016. Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP. Jakarta : Gaung Persada Pers.

Marzuki. 2012. Pengintegrasian pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta : FIS-UNY

Moekizat. 2012. Teori Komunikasi. Bandung. Mandar Maju.

Mulyasa, E. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Muslich, Masnur. 2012. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta : Bumi Aksara.

Notoadmodjo, Soekidjo. 2013. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta : Rineka Cipta.

Nurjannah. 2015. Manajemen Bencana. Bandung : Alfabeta.

Permendiknas Nomor 18 Tahun 2007 Tentang Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan.

Rivai, Veithzal. 2014. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sadeli, Muhammad. 2013. Tujuh Jam Belajar Interaktif. Pelmbang : Maxicom.

Samsudin, Sadili. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Pustaka Setia.

Sastroadipoera, Komarudin. 2016. Strategi Pengembangan Sumber Daya Berbasis Pendidikan Kebudayaan. Bandung : Kappa Sigma.

Sastrohadiwiryo, B.S. 2015. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Simamora, Bilson. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Soediyarto. 2013. Landasan dan Arah Pendidikan Nasional Kita. Jakarta : Kompas.

Sudjana, Nana. 2010. Panduan Aplikasi Teori – Teori Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sugito. 2011. Manajemen Pendidikan Teori dan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta.

Suharyadi. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Salemba Empat.

Sukadi, D K. 2016. Bimbingan dan Konseling. Bandung : Bina Aksara.

Sulistiyani, Ambar Teguh dan Rosidah. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sumodiningrat, Gunawan. 2011. Menejemen Pendidikan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Suprijanto. 2015. Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta : Bumi Aksara.

Tilaar, H. A. R. 2011. Pendidikan Kebudayaan dan Masyarakat Madani Indonesia. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta : Dharma Bakti.

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Dharma Bakti.

Usman, Husaini. 2013. Manajemen Teori, Peraktik dan Riset Pendidikan, Edisi Keempat. Jakarta : Bumi Aksara.

Usman, Husaini. 2013. Manajemen dan Riset Pendidikan, Edisi Keempat. Jakarta : Bumi Aksara.

Walgito, Bimo. 2013. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : ANDI.

Zen, Muhammad. 2010. Manajemen Perpajakan. Jakarta : Salemba Empat.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.