PENGARUH HARGA DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR YAMAHA MIO (STUDI PADA MAHASISWA FE.UISU PRODI MANAJEMEN)

Nilawati Nasti

Sari


Pada saat ini kebutuhan terhadap sepeda motor bagi masyarakat sangat vital mengingat tingginya kemacetan yang ada di jalan raya, sehingga salah satu alternative untuk mempermudah dan kelancaran untuk mencapai suatu tujuan di dalam kota, maka sepeda motor merupakan salah satu pilihan yang tepat.  Bahwa keputusan pembelian sepeda motor merupakan kepuasan pelanggan yang sangat penting untuk diteliti.  Hal ini disebabkan besarnya kepemilikan motor Yamaha Mio tersebut yang ada di wilayah Medan, seperti kita ketahui bahwa yang menjadi permasalahan disini adalah kepuasan pelanggan terhadap keputusan pembelian Motor Yamaha Mio.

Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 88 responden sebagai sampel, melakukan pengamatan sederhana di lapangan, dan memperoleh dokumen yang berhubungan dengan penelitian ini. Kemudian data hasil kuesioner di uji dengan menggunakan Regresi Linier Berganda.

Dari hasil uji t diketahui bahwa : Harga berpengaruh significant terhadap variable Keputusan Pembelian.   Kepuasan Pelanggan berpengaruh significant terhadap  variable Keputusan Pembelian. Dari hasil uji F Harga dan Kepuasan Pelanggan berpengaruh significant terhadap Keputusan Pembelian sementara itu hasil uji determinan menyatakan pembelian sebesar 39,2%, sedangkan sisanya sebesar 60,8 % dijelaskan oleh variable yang tidak diteliti seperti merek, promosi, dan kualitas produk.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Gregorius Chandra, (2007), Strategi dan Program Pemasaran, Edisi Revisi,Cetakan Pertama, Penerbit Erlangga, Yogyakarta.

Hasan, Iqbal. 2002. Metode Penelitian dan Aplikasinya.Ghalia Indonesia: Bogor Selatan

Kotler Philip, (2006), Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Edisi Millenium, Penerbit, PT. Prenhallindo, Jakarta.

lupiyoadi, Rambat, (2006), Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek,Edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta.

Simamora, Hendry, (2008), Manajemen Pemasaran Internasional, Jilid Tiga,Salemba Empat, Jakarta.

Soakartawi, (2005), Manajemen Pemasaran Dalam Bisnis Modern, Penerbit Pustaka Sinar Harapan, Jakarta.

Sugiyono, (2003), Statistika Untuk Penelitian, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Bisnis. CV. Alfabeta. Bandung

Tjiptono, (2005), Kuat Membuat Rencana Pemasaran dalam 30 menit, Penerbit proges, Jakarta.

Winardi, (2007), Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama, PT. Pembangunan SNusantara, Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.