PENGARUH DISIPLIN DAN SANKSI KERJA TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN DI PTPN III MEDAN

Yusrita Yusrita

Sari


PT. Perkebunan Nusantara III Medan merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri/perkebunan dengan visi-visi “Menjadi Perusahaan Agro Industri Berbasis Perkebunan Yang Tangguh Dan Kompetitif Di Pasar Global” PT. Perkebunan Nusantara III Medan merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan merupakan hasil/peleburan atau penggabungan(Merger). PT. Perkebunan Nusantara III, PT. Perkebunan Nusantara IV dan PT. Perkebunan Nusantara V pada tanggal 14 Februari 1996 PP NO 8 Tahun 1996, dimana penggabungan Management PT Perkebunan Nusantara III, IV, V (PERSERO) ini di kelola oleh Direksi PT. Perkebunan Nusantara III Medan. Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas objek dan subjek yang mempunyai kualitas dan karakteristik oleh peneliti untuk dipelajari dan ditarik kesimpulannya. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh pegawai yang ada di PTPN III Medan Sebanyak 521 orang. peneliti mengambil sampel sebanyak 52 orang.

Variabel X1 (Disiplin) memberikan nilai koefisien sebesar 0,208 artinya setiap penambahan 1 disiplin akan meningkatkan sebesar 0,208. Dan variabel X2 (Sanksi kerja) memberikan nilai koefisien sebesar 0,556 artinya setiap penambahan sanksi kerja akan meningkatkan motivsi kerja karyawan sebesar 0,556. Sedangkan nilai konstanta sebesar 9,005 menyatakan bahwa variabel X1 dan X2 ada maka motivasi kerja karyawan akan meningkat sebesar 9,005.  Dari hasil analisis secara simultan yaitu variabel X1 (Disiplin) dan variabel X2 (Sanksi kerja) berpengaruh terhadap variabel Y (Motivasi kerja) dimana pengaruh ini merupakan pengaruh yang signifikan. Perusahaan perlu meningkatkan pemberian informasi mengenai penilaian kinerja tersebut sehingga para karyawan mengerti mengapa dan untuk apa penilaian itu dilakukan guna meningkatkan prestasi mereka dan menghindari kesalahpahaman antara perusahaan dan diharapkannya adanya timbal balik di antaranya sehingga sistem penilaian tersebut bermanfaat bagi perusahaan maupun bagi karyawan.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Adrian Payner, (2000), Pemasaran Jasa, Edisi I, Penerbit Andi ; Yokyakarta

Arikunto (2005), Metode Penelitian. PT Dunia Pustaka Jaya Jakarta

Bacal Robert, 2005, Performace Management, Diterjemahkan Oleh Surya Datma dan Yanuar Irewan, Penerbit Gramedia Pustaka Utara, Jakarta

Kuncoro Munajad, (2003), Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi, Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis? Penerbit Erlangga, Jakarta

Mangkunegara, A.A Anwar Prabu, (2000), Manajemen Sumbaer Daya Perusahaan, Penerbit Rosda Karya, Bandung.

Purwanto, Djoko, (2006), Komunikasi Bisnis, Erlangga: Jakarta.

Robbins, Stephen, P,dan Mary Coulter, 2000, Manajemen, Edisi Keenam, Di Terjemahkan Oleh T Hermaya, Pemerbit PT. Prenhalindo, Jakarta.

Saydam Ghozali, 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia, Djambaran, Jakarta.

Simamora, Henry, 2001, Manajemen Sumber Daya Menusia, Edisi Keenam, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Siagian Sondang P, 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Pertama, Bumi Aksara, Jakarta.

, 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Pertama, Bumi Aksara, Jakarta.

, 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Pertama, Bumi Aksara, Jakarta.

Widjaya, A.W, 2000, Administrasi Kepegawaian, Rajawali, Jakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.