PENGARUH PENERIMAAN PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DI DINAS PENDAPATAN KOTA MEDAN

Zenni Riana

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk menegtahui pengaruh penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Populasi penelitian adalah seluruh kecamatan yang ada di Kota Medan, dengan sampel 21 Kecamatan. Penelitian menggunakan data realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang diambil selama kurun waktu tiga tahun, mulai dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2014. Data-data tersebut diperoleh dari Dinas Pendapatan Kota Medan dengan total sampel secara keseluruhan berjumlah enam puluh tiga.

Hasil penelitian ini menunjukan Pengaruh Penerimaan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah di Kecamatan Kota Medan berpengaruh posif secara simultan terhadap peningkatan pendapatan asli daerahdengan besar pengaruh sebesar 89,8%, sedangkan secara parsial pajak daerah dan retribusi daerah berpengaruh positif terhadap peningkatan pendapatan asli daerah. Hal ini menunjukan bahwa pajak daerah dan retribusi daerah memberikan sumbungan yang cukup besar dalam peningkatan pendapatan asli daerah.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Anggraeni, Dina. 2010. Analisis Pengaruh Penerimaan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah terhadap Peningkatan Pendapatan asli Daerah ( Studi Empiris pada Provinsi Bengkulu). Skripsi pada FE UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ayuningtyas, Arniyanti. 2008. Analisis Pengaruh Pendapatan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah terhadap Anggaran Belanja Daerah (Studi kasus pada Seluruh Kabupaten di Propinsi Jawa Tengah). Skripsi pada FEIS UIN Jakarta.

Bastian, Indra. 2007. Akuntansi Sektor Publik. BPFE : Yogyakarta.

Erlina, Sri Mulyani, 2007. Metedologi Penelitian Bisnis, USU Pres : Medan.

Ghozsali, Imam. 2005. Aplikasi dan Analisis Multivariate dengan proses SPSS. Universitas Diponegoro : Semarang.

Halim, Abdul. 2007. Pengelolaan Keuangan Daerah, Edisi Revisi. UPP AMP YKPN Bunga Rampal : Yoyakarta.

Halim, Abdul. 2005. Akuntansi Keuangan Daerah. Salemba 4 : Jakarta.

Kaho, Josef Riwu, 2005. Prospek Otonomi Daerah di Negara Republik Indonesia. Fak.Sospol-UGM : Yogyakarta.

Mardiasmo, 2007. Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah. Peneribit Andi : Yogyakarta

Mardiasmo, 2009. Perpajakan Edisi Revisi 2004. Penerbit andi : Yogyakarta.

Mayasari, Dian, 2009. Kontribusi Penerimaan Pajak Daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah (Analisis Terhadap Kabupaten dan Kota di Jawa Timur). Skripsi Pada FE UMM.

Oktadila, Luzy. 2014. Analisis Pengaruh Penerimaan Pajak dan Retribusi Daerah Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Pada Kota dan Kabupaten di Wilayah Indonesia. Skripsi Pada FE Universitas Bengkulu.

Priyatno, Dwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS. Mediakom : Yogyakarta.

Ranggadiza, Mohd. 2009. Kontribusi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah di Propinsi Sumatera Utara. Skripsi Pada FE USU

Republik Indonesia. Undang-Undang No. 28 Tahun 2007 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

Republik Indonesia. Undang-Undang No 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Republik Indonesia. Undang-undang No. 33 Tahun 2004 Tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Siahaan, Marihot P. 2010. Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Rajawali : Jakarta.

Sugiyono, 200. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta : Bandung.

Sunarto. 2005. Pajak dan Retribusi Daerah. Amus dan Citra Pustaka : Yogyakarta.

Umar, Husein, 2008. Metedelogi Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis, Cetakan Pertama, Ghalia Indonesia : Jakarta.

Yani, Ahmad. 2009. Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan daerah Indonesia, Edisi Revisi. Rajawali Pers : Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.