PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PT. ALFA SCORPII JL. BAKTI MEDAN

Ahmad Husin Lubis

Sari


Pada prinsipnya setiap perusahaan tatkala menjual produk-produknya (barang/jasa) akan berusaha menggunakan teknik penjualan yang bagus, sehingga barang yang ditawarkannya dapat terjual dengan baik. Adapun salah satu teknik penjualan yang dimaksud adalah terkait dengan bagaimana dan seberapa tinggi kualitas pelayanan yang diberikan terhadap kepuasan pelangan. Kualitas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan merupakan kinerja terpenting perusahaan dalam rangka memuaskan pelanggan. PT. Alfa Scorpii Jl. Bakti Medan harus memperhatikan hal-hal penting bagi pelanggan, agar pelanggan merasa puas dan senang.

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Alfa Scorpii Jl. Bakti Medan . Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisa yang digunakan adalah koefisien korelasi product moment.

Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh koefisien korelasi product moment sebesar 11,083 (fhitung = 11,083). Kemudian hasil rhitung tersebut dibandingkan dengan rtabel untuk menentukan taraf signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa fhitung lebih besar dari ftabel (11,083 > 2,31). Hasil tersebut berarti terdapat pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan . Hal ini menunjukan bahwa semakin baik kualitas pelayanan seorang pegawai berarti semakin baik pula kepuasan pelanggan pada PT. Alfa Scorpii Jl. Bakti Medan.

Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Alfa Scorpii Jl. Bakti Medan.  Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan di PT. Alfa Scorpii Jl. Bakti Medan selama tahun 2016 yang berjumlah 67.000 orang, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin maka  jumlah sampel yang didapat adalah 99,8 atau dibualatkan menjadi 100 orang.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Aaker, D. A. 2009. Strategic Market Management. Edisi Keempat. John Wiley & Sons, Inc.

A, Parasuraman. (2000). The Behaviorial Consequenses of Service Quality, Jurnal of Marketing,Vol 60.

Azahari, Azril, (2000), Bentuk dan Gaya Penulisan Karya Tulis Ilmiah, Cetakan ke 3, Penerbit Universitas Tri Sakti, Jakarta.

Fathoni, Abdurrahmat. (2006). Metode Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Giese & Cote. (2000). Academy of Marketing Science Review. Defining Consumer Satisfaction Volume 2000 No. 1 Available: http://www.amsreview.org/articles/giese01-2000.pdf

Griffin, Jill. 2001. Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta : Erlangga

Handoko, T. Hani, (2000), Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi II. Cetakan keempat belas, Yogyakarta. BPFE.

Hanif Mauludin. 2004. Essay: Analisis Kualitas Pelayanan, pengaruhnya terhadap Citra (Image)

Julianddi, azuar (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk ilmu-ilmu Bisnis.cetakanpertama Medan : M2000

Kotler, Phillip, Susanto, AB. 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Lupioadi, Rambat, (2001), Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktek, Salemba Empat, Jakarta.

Moenir. (2002). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: bumi. Aksara.

Nasution, M. Nur, (2005), Manajemen Mutu Terpadu, Edisi ke 2, Penerbit Ghalia Indonesia, Bogor Selatan.

Oka, A. Yoeti. (2001). Customer Service Cara Efektif Memuaskan Pelanggan. Cetaka Kedua. PT. Pradnya Paramita: Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.