EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN METODE DRIL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR’AN DI MTs AL-IKHLAS RIMBAYA LABUHANBATU UTARA

Nitari Sapna Ritonga

Abstract


Pendidikan agama merupakan system pendidikan yang mencangkup seluruh aspek yang dibutuhkan oleh manusia dalam rangka meningkatkan penghayatan dan pengalaman agama dalam kehidupan bermasyarakat, beragama, berbangsa dan bernegara. Untuk mendapatkan jawaban dari hipotesis yang dibuat, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa Observasi, Koesioner, Wawancara dan Dokumentasi dengan mengumpulkan jawaban dari responden sebanyak 30 siswa MTs Al-Ikhlas Rimbaya Desa Batu Tunggal. Berdasarkan data yang diperoleh dan data yang telah diperhitungkan dari hasil penyebaran koesioner terdapat beberapa hasil diantaranya: Hasil dari perhitungan nilai rxy yang telah diperoleh terdapat sebesar -120,86 dan dengan perbandingan r tabel yaitu 0,3610 dikarenakan r hitung mendekati angka -1 maka korelasi antara variabel X dengan Variabel Y kuat dengan nilai perbandingan -120,86 < 0,3610, sedangkan nilai t hitung yang diperoleh sebesar 4378 dengan perbandingan t tabel sebesar 1,703 nilai ini menunjukkan bahwa benar terdapat adanya pengaruh strategi pembelajaran metode drill terhadap kualitas membaca siswa, dengan uji t yaitu 4378 > 1,703 dengan kata lain Ha diterima dan Ho ditolak, serta uji determinasi sebesar 24,17%.

Keywords


Efektivitas, Metode Drill, Kualitas, Tajwid

Full Text:

PDF

References


Ahmad Rohani, Pengelolaan Pengajaran, PT. Rineka Cipta, Jakarta

Ahmad Sabri, Strategi Belajar Mengajar Dan Micro Teaching, Quantum, Jakarta, 2005

Ating Sumantri, Aplikasi Statistik dalam Penelitian, 2010

Bogdan, Robert C.& Sari Knop Biklen Qualitative Research for Education

(London: Allyn and Bacon, Inc, 1982)

Bambang Warsita, Pembelajaran Dan Aplikasinya, Rineka Cipta, Jakarta, 2008

Darajat,Zakiah. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara,

Depag RI. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Dirjen Kelembagaan

Agama Islam Depag RI, Cet.1, 2002.

E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, Remaja Musdakarya, Bandung, 2004

Ghozali Imam, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20 (Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponerogo, 2012)

Hamid,Abdul. Teori Belajar dan Pembelajaran. t.t: t.p, 2009.

Iga Rosalina, Jurnal Efektivitas Pemberdayaan Masyarakat (Februari 2012)

Karismanto, Teknik, Model Dan Strategi Pembelajaran Dalam Matematika,

Yogyakarta, 2003

Masganti. Metodologi Penelitian Pendidikan Islam. Medan: IAIN Press, 2011

Muhammad Arif Tiro, Dasar Dasar Statistika.(Makassar 2008)

Mulyani Sumantri, Strategi Dalam Pembelajaran, 1996

Nurdyansyah, Inovasi Teknologi Pembelajaran, 2015

Nurul Zuriah, Metedologi Penelitian Sosial dan Pendididkan,(Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2007)

Nyoman Mardiana, Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjasorkes

Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar(Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2009),

Puskur Balitbang Depdiknas. Pendidikan Agama di Sekolah. Diknas, 2001.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta, 1995

Roestiya N.K. Didaktik Metodik, Bina Aksara, Jakarta, 1989

Slameto, Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya, PT. Rineka Cipta, Jakarta, 2003

Sitti mania, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial, (Makassar, Alauddin University Press, 2013),

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,

(Bandung: Alfabeta, 2010)

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D,

Sukardi, MetedologiPenelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya,(Cet. IX, Jakarta: Bumi Aksara, 2011)

Syafi’I Antonio, Bank Syariah dari Teori ke Praktek,(Jakarta: Gemalinsani,2001)

Zainuddin Ali,Pendidikan Agama Islam, (Jakarta:PT.Bumi Aksara,2007)

Zulfahmi, “Efektivitas Penggunaan Metode Drill”, Jakarta, Cv. Pustaka, 2010.




DOI: https://doi.org/10.30743/taushiah.v14i2.10690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan



INDEXING:


        





Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan (E-ISSN: 2599-1353) by https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/tsh/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.