PENGARUH STRATEGI ASPEK KOGNITIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SMAN 1 BAGAN SINEMBAH, KAB. ROKAN HILIR, RIAU

Siti Eka Eriyani

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi aspek kognitif terhadap motivasi belajar siswa kelas IX mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMAN 1 Bagan Sinembah Kab. Rokan Hilir, Riau. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitaif yang dilakukan pada bulan januari. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XI khusus bagi siswa yang beragama islam saja, sehingga pengumpulan data dilakukan menggunakan penyebaran angket (pernyataan) menggunakan purposive sampling yaitu sample sebanyak 51 responden. Dan hasil penelitian yang diperoleh pengaruh strategi aspek kognitif terhadap motivasi belajar siswa kelas IX mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMAN 1 Bagan Sinembah yang berkontribusi nilai koefisien determinasi R Square (R2) sebesar 0.704 atau 70,4% dan sisanya (100%-70,4%) = 29,6% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kemudian Thitung < Ttabel atau -10.787 < 1.67655 maka dapat diartika bahwa H0 diterima. Artinya, terdapat pengaruh aspek kognitif (X) terhadap motivasi belajar (Y). Terdapat signifikan nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel yaitu 116.356 > 4,03 (F tabel didapat dari F (k ; n-k) = F (1 ; 50) = 4,03) dan dengan tingkat signifikan di bawah 0,05 yaitu 0,000. Berdasarkan cara pengambilan keputusan uji simultan bahwa variabel aspek kognitif (X) berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Belajar (Y). Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh signifikan aspek kognitif terhadap motivasi belajar. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.

Keywords


Strategi Aspek Kognitif, Motivasi Belajar, PAI, SMAN 1 Bagan

Full Text:

PDF

References


A.M. Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: Rajawali Pers.

A.M. Sardiman. 2007. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Abdul Majid, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Bandung: Remaja RosdaKarya, 2012).

Abdul Majid, Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis kompetensi (Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004), (Bandung: Ramaja Rosdakarya, cet. III, 2006).

Agus Suprijono, Cooperative Learning, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2012).

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004).

Aidil Saputra, Aplikasi Metode Contextual Teaching Learning (CTL) dalam Pembelajaran PAI, (Jurnal At-Ta’dib Volume VI, No. 1, April-September 2014).

Al-Qur’an Terjamahannya, Dapartemen Agama RI, Yayasan Penyelenggara Penerjeman/Penafsir Al-Qur’an, (Jakarta: Bumi Restu 1986)

Al-Rasyidin dan Samsul Nizar, 2005, Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis. Jakarta: Ciputat Press.

Anas Sudijono. Pengantar Evaluasi Pendidikan (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996).

Anas Sudjiono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada 2005).

Arifin. (2019). Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, cet. 14, 2010.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010).

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rieneka cipta, 1998.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.

Ashcroft, Kate. And Palacio, David. ed, Implementing The Primary Curriculum; A Teacher’s Guid. Washington DC: The falmer Press, 2003

B. Uno, Hamzah (2011) Teori motivasi dan Pengukurannya. Edisi Pertama. Cet. Ke-8. Jakarta: Bumi Aksara.

Darajat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Daryanto. Evaluasi Pendidikan (Jakarta: Rineka Cipta, 1999).

Departemen RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, (Bandung: Diponegoro, 2005).

Dimyati dan Mujiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta 2009).

Dr. H Zainal Mukarom, M.si, Muhibudin Wijaya Laksana, S.Sos. M.si, Manajemen Public Relation Panduan Efektif Pengelolaan Hubungan Masyarakat, (Bandung: CV Pustaka Setia, 2015).

E. Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Rosada.

Emda, Amna. “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran.” Lantanida Journal 5, no. 2 (2017):

Hamalik, Oemar. 2011. Cet. 4. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hamel dan Prahalad, CK. Competing for the Future. (Boston: Harvard Business School Press. 2000)

Hamzah B. Uno. (2009). Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasan Langgulung, Asas-asas Pendidikan Islam, (Jakarta: Radar Jaya Offset, 1998).

Hasbullah. Dasar- Dasar Pendidikan Islam, cet-IV. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.

Ismail SM dan Abdul Mukti. Pendidikan Islam Demokrasi dan Masyarakat Madani. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000

John Dewey, Democracy and Education, (New York: Macmillan, Originally Published, 1916).

Joni, T.Raka. Model Pembelajaran dan Penilaian (Bandung: Genesindo, 2002).

Langgulung, Hasan. Azas- Azas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka al- Husna, 1986.

Lawrence R. Jauch dan William F. Glueck, Menejemen Strategis dan Kebijaksanaan Perusahaan (Jakarta: Erlangga, 2000)

M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Mishbah Pesan, Kesan dan Keserasian alQur’an, volume 13, (Jakarta: Lentera Hati, 2002).

Mahfud Junaedi, Ilmu Pendidikan Islam Filsafat dan Pengembangan, (Semarang: Rasail, 2010).

Marpaung, Yosin Marin. Pengaruh Pajanan Debu RspirablePM2,5 Terhadap Kejadian Gangguan Fungsi paru Pedagang TerminalTerpadu Kota Depok Tahun 2012. Skripsi. Universitas Indonesia. http://ejpurnal.lib.ui.aac.id/pdf

Masitoh dan Laksmi Dewi. 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendididkan Islam Departemen Agama RI

Mohammad Surya, Strategi Kognitif Dalam Pembelajaran, (Bandung: Alfabeta, 2016).

Muhaimin, dkk. Paradigma Pendidikan Agama Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002).

Muhammad Nasib Ar-Rifa’I, Kemudahan dari Allah Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir, (Jakarta: Gema Insani, 2000).

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan, (Bandung: Rosda 2010).

Ngalim Purwanto. Psikologi Pendidikan, (Bandung: Rosda Karya, 1988).

Nur Widodo dan Endang Poerwati. 2002. Perkembangan Peserta Didik. Cet I; Malang: Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Press.

Nurul Zuriah. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori-Aplikasi. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009.

Pusat Bahasa Dapartemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2005).

Riduwan. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian (Untuk Mahasiswa S-1, S-2 dan S-3). Bandung: Alfabeta, 2015.

S. Nasution MA. Kurikulum dan Pengajaran (Jakarta: Bumi Aksara, 1989), hal 66.

Sanjaya, Wina. (2010), Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003).

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Ku6alitatif, R&D. Bandung: IKAPI

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sukardi. Metodologi penelitian Kompetensi Dan Prakteknya. Cet. Xiv Jakarta: Penerbit Bumi Aksara, 2014.

Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011).

Surakhmad, Winarno. Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar, Metode dan Tehnik, Tarsito, (Bandung : 2012)

Suryabrata sumandi. (2008). Metodologi penelitian/sumadi suryabrata. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Syamsu Yusuf, Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah, (Bandung: Rizki, 2009).

Tasmara, Toto. Menuju Muslim Kaffah: Menggali Potensi Diri, Jakarta: Gema Insani Press, 2000.

Tim Redaksi Nuansa Aulia, Himpunan Perundang-Undangan Republik Indonesia Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, (Bandung: Nuansa Aulia, 2006).

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, (Jakarta: kencana 2011).

Uzer, Usman, Meningkatkan Motivasi Belajar (Jakarta: Grasindo, 2008).

Winkel, W.S. (2005). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: Gramedia.

Zakiah Daradjat, dkk. Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi aksara, 2004).

Zakiyah Darajat, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, Cet.VII, 2008).

Zubairi, Meningkatkan Motivasi BelajarDalam Pendidikan Agama Islam, (Indramayu: Penerbit Adab, 2023).

Zuhairini dan Ghofir, Abdul. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang: UM Press, 1993.

Zuhairini, Filsafat Pendidkan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1992).




DOI: https://doi.org/10.30743/taushiah.v14i2.10700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan



INDEXING:


        





Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan (E-ISSN: 2599-1353) by https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/tsh/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.