PENGARUH STRATEGI ASPEK KOGNITIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SMAN 1 BAGAN SINEMBAH, KAB. ROKAN HILIR, RIAU
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A.M. Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: Rajawali Pers.
A.M. Sardiman. 2007. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Abdul Majid, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Bandung: Remaja RosdaKarya, 2012).
Abdul Majid, Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis kompetensi (Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004), (Bandung: Ramaja Rosdakarya, cet. III, 2006).
Agus Suprijono, Cooperative Learning, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2012).
Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004).
Aidil Saputra, Aplikasi Metode Contextual Teaching Learning (CTL) dalam Pembelajaran PAI, (Jurnal At-Ta’dib Volume VI, No. 1, April-September 2014).
Al-Qur’an Terjamahannya, Dapartemen Agama RI, Yayasan Penyelenggara Penerjeman/Penafsir Al-Qur’an, (Jakarta: Bumi Restu 1986)
Al-Rasyidin dan Samsul Nizar, 2005, Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis. Jakarta: Ciputat Press.
Anas Sudijono. Pengantar Evaluasi Pendidikan (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996).
Anas Sudjiono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada 2005).
Arifin. (2019). Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, cet. 14, 2010.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010).
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rieneka cipta, 1998.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
Ashcroft, Kate. And Palacio, David. ed, Implementing The Primary Curriculum; A Teacher’s Guid. Washington DC: The falmer Press, 2003
B. Uno, Hamzah (2011) Teori motivasi dan Pengukurannya. Edisi Pertama. Cet. Ke-8. Jakarta: Bumi Aksara.
Darajat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Daryanto. Evaluasi Pendidikan (Jakarta: Rineka Cipta, 1999).
Departemen RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, (Bandung: Diponegoro, 2005).
Dimyati dan Mujiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta 2009).
Dr. H Zainal Mukarom, M.si, Muhibudin Wijaya Laksana, S.Sos. M.si, Manajemen Public Relation Panduan Efektif Pengelolaan Hubungan Masyarakat, (Bandung: CV Pustaka Setia, 2015).
E. Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Rosada.
Emda, Amna. “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran.” Lantanida Journal 5, no. 2 (2017):
Hamalik, Oemar. 2011. Cet. 4. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hamel dan Prahalad, CK. Competing for the Future. (Boston: Harvard Business School Press. 2000)
Hamzah B. Uno. (2009). Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasan Langgulung, Asas-asas Pendidikan Islam, (Jakarta: Radar Jaya Offset, 1998).
Hasbullah. Dasar- Dasar Pendidikan Islam, cet-IV. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.
Ismail SM dan Abdul Mukti. Pendidikan Islam Demokrasi dan Masyarakat Madani. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000
John Dewey, Democracy and Education, (New York: Macmillan, Originally Published, 1916).
Joni, T.Raka. Model Pembelajaran dan Penilaian (Bandung: Genesindo, 2002).
Langgulung, Hasan. Azas- Azas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka al- Husna, 1986.
Lawrence R. Jauch dan William F. Glueck, Menejemen Strategis dan Kebijaksanaan Perusahaan (Jakarta: Erlangga, 2000)
M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Mishbah Pesan, Kesan dan Keserasian alQur’an, volume 13, (Jakarta: Lentera Hati, 2002).
Mahfud Junaedi, Ilmu Pendidikan Islam Filsafat dan Pengembangan, (Semarang: Rasail, 2010).
Marpaung, Yosin Marin. Pengaruh Pajanan Debu RspirablePM2,5 Terhadap Kejadian Gangguan Fungsi paru Pedagang TerminalTerpadu Kota Depok Tahun 2012. Skripsi. Universitas Indonesia. http://ejpurnal.lib.ui.aac.id/pdf
Masitoh dan Laksmi Dewi. 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendididkan Islam Departemen Agama RI
Mohammad Surya, Strategi Kognitif Dalam Pembelajaran, (Bandung: Alfabeta, 2016).
Muhaimin, dkk. Paradigma Pendidikan Agama Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002).
Muhammad Nasib Ar-Rifa’I, Kemudahan dari Allah Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir, (Jakarta: Gema Insani, 2000).
Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan, (Bandung: Rosda 2010).
Ngalim Purwanto. Psikologi Pendidikan, (Bandung: Rosda Karya, 1988).
Nur Widodo dan Endang Poerwati. 2002. Perkembangan Peserta Didik. Cet I; Malang: Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Press.
Nurul Zuriah. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori-Aplikasi. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009.
Pusat Bahasa Dapartemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2005).
Riduwan. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian (Untuk Mahasiswa S-1, S-2 dan S-3). Bandung: Alfabeta, 2015.
S. Nasution MA. Kurikulum dan Pengajaran (Jakarta: Bumi Aksara, 1989), hal 66.
Sanjaya, Wina. (2010), Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana
Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003).
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Ku6alitatif, R&D. Bandung: IKAPI
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sukardi. Metodologi penelitian Kompetensi Dan Prakteknya. Cet. Xiv Jakarta: Penerbit Bumi Aksara, 2014.
Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011).
Surakhmad, Winarno. Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar, Metode dan Tehnik, Tarsito, (Bandung : 2012)
Suryabrata sumandi. (2008). Metodologi penelitian/sumadi suryabrata. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Syamsu Yusuf, Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah, (Bandung: Rizki, 2009).
Tasmara, Toto. Menuju Muslim Kaffah: Menggali Potensi Diri, Jakarta: Gema Insani Press, 2000.
Tim Redaksi Nuansa Aulia, Himpunan Perundang-Undangan Republik Indonesia Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, (Bandung: Nuansa Aulia, 2006).
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, (Jakarta: kencana 2011).
Uzer, Usman, Meningkatkan Motivasi Belajar (Jakarta: Grasindo, 2008).
Winkel, W.S. (2005). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: Gramedia.
Zakiah Daradjat, dkk. Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi aksara, 2004).
Zakiyah Darajat, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, Cet.VII, 2008).
Zubairi, Meningkatkan Motivasi BelajarDalam Pendidikan Agama Islam, (Indramayu: Penerbit Adab, 2023).
Zuhairini dan Ghofir, Abdul. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang: UM Press, 1993.
Zuhairini, Filsafat Pendidkan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1992).
DOI: https://doi.org/10.30743/taushiah.v14i2.10700
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan
INDEXING:
Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan (E-ISSN: 2599-1353) by https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/tsh/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.