PENERAPAN METODE JIGSAW DAN RESITASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP SWASTA TEUKU UMAR MEDAN AREA

Fauziah Fauziah

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode pembelajaran jigsaw di SMP Swasta Teuku Umar Medan Area. Bagaimanakah penerapan metode pembelajaran resitasi di SMP Swasta Teuku Umar Medan Area. Bagaimana pengaruh penerapan metode pembelajaran jigsaw dan resitasi terhadap meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Swasta Teuku Umar Medan Area. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan sampel 50 orang teknik pengumpulan data menggunakan angket dan analisa data menggunakan analisa statistk. Hasil penelitian ini adalah Terdapat pengaruh yang signifikan antara Metode Jigsaw terhadap motivasi belajar siswa SMP Swasta Teuku Umar sebagaimana hasil uji-t (3.687>0,05). Dan nilai t hitung 3. 349 lebih besar dari t tabel 2.00 (3,687 >2.00 ) dengan kearah positif. Maka H0 di terima dan Ha di tolak sehingga dapat disimpulkan bahwa Variabel Metode Jigsaw secara parsial berpengaruh signifikan dengan nilai positif terhadap motivasi .Terdapat pengaruh yang signifikan antara Metode resitasi terhadap keungulan bersaing do,ama t-hitung > t-tabel (11.195 <0,05). Dan nilai t hitung 11.195 lebih besar dari t table 2.00 (11.195 >2.00 ). Maka Ho di tolak dan Ha di terima sehingga dapat di simpulkan bahwa metode resitasi secara parsial berpengaruh signifikan dengan nilai positif terhadap motivasi belajar siswa.Terdapat Pengaruh metode jigsaw dan resitasi terhadap motivasi belajar siswa di SMP Swasta Teuku Umar Medan, hal ini terlihat dari uji F bahwa Fhitung sebesar 4798.774 > dari Ftabel 3,150 dengan tingkat signifikan 0,000. Oleh karena Fhitung lebih besar dari Ftabel dan probabilitas 0,000 jauh lebih kecil dari 0,05, maka Tolak Ho (Terima H1) maka disimpulkan bahwa Metode Jigsaw dan metode resitasi secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kunggulan bersaing dan uji determinan maka 99,6 %.

Keywords


Metode Jigsaw, Resitasi dan Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. 2016. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Mas Agung.

Abu Ahmadi, dan Joko Tri Prastya. 2015. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Ahmadi, A., dan W. Supriyono. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Agus Suprijono. 2009–2014. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anita Lie. 2018. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Cherniss, C., dan D. Goleman. 2011. Tingkat Inteligensi Emosional. Alih bahasa oleh Junaidi. Jakarta: Mas Agung.

Departemen Agama RI. 2016. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Depag RI.

Desvita, Evanis. 2015. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jakarta: Bumi Aksara.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamalik, Oemar. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdan. 2012. Kamus Istilah. Yogyakarta: Panjimas.

Hamzah B. Uno. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hasan, Muhammad Tholchah, et al. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: Lembaga Penelitian Universitas Islam Malang.

Jihad, Asep Haris, dan Abdul. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Prassindo.

Juwahir. 2018. Penerapan Metode Jigsaw Guna Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif. Skripsi.

Khoirun Ningam. 2019–2020. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Metode Jigsaw dan Resitasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X TBSM 1 SMK PGRI 1 Pacitan.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy. 2015. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mukhtar. 2013. Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Misaka Galiza.

Mulyani, S., dan Johar Permana. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Jateng: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Nasution, S. 2013. Metode Pembelajaran Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Poerwadarminta, W.J.S. 2016. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Prawira, Purwa Atmaja. 2013. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Salim, dan Syahrum. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Cipustaka Media.

Sanjaya, Wina. 2018. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Siti Maryam. 2018. Pengaruh Metode Resitasi terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas VII SMP Pembangunan Bogor. Skripsi.

Sukma Ayu. 2023. Penerapan Metode Resitasi dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII B pada Mata Pelajaran IPS di MTs Negeri 1 Kota Kediri.

Syaiful Bahri Djamarah, dan Aswan Zain. 2015. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Uno, H.B. 2014. Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Uswatun Hasanah. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII MTs Nurhasana Bandung.

Wuryan, D. 2015. Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Agama Islam Kelas VI di MI Darusalam Kolomayan, Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar.

Yusuf, S. 2014. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.30743/taushiah.v14i2.10702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan



INDEXING:


        





Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan (E-ISSN: 2599-1353) by https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/tsh/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.