KONSEP TA’DIB DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS

Ulfa Anggraini, Muhammad Dzaky

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini ada dua yaitu untuk mengetahui bagaimana konsep ta‟dib dalam konsep pendidikan Islam menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas, dan untuk mengetahui apakah konsep ta‟dib Syed Muhammad Naquib Al-Attas sesuai dengan yang diterapkan di SMP Perguruan Islam Amalia Kecamatan Denai. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan: 1). Konsep ta‟dib menururt Syed Muhammad Naquib Al-Attas yaitu mencakup ilmu dan amal dalam pendidikan serta adanya praktik untuk menjamin ilmu dapat dipergunakan dengan baik dalam kehidupan masyarakat. Istilah ta‟dib ini tidak hanya terbatas pada aspek kognitif, tetapi juga meliputi pendidikan spiritual, moral, dan sosial. Syed Muhammad Naquib juga menghendaki agar pendidikan Islam mampu mewujudkan insan kamil yang bercirikan universalis dalam wawasan dan otoritatif dalam ilmu pengetahuan, dengan kata lain manusia yang mencerminkan pribadi Nabi SAW. 2). Penerapan konsep ta‟dib di SMP Perguruan Islam Amalia Kecamatan Denai sudah dimulai sejak siswa mulai bersekolah di sana, selain itu konsep adab yang diterapkan sudah sesuai dengan konsep adab (ta‟dib) menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Hal ini dapat dilihat dari kebiasaan-kebiasaan yang diterapkan seperti dilarang ribut dan menyela penjelasan guru saat proses mengajar, wajib bertutur kata yang baik dan sopan kepada siapapun, konsep adab ini dilakukan agar sejalan dengan tujuan dari SMP Islam tersebut dengan harapan dapat menciptakan generasi penerus yang paham akan ilmu agama, ilmu dunia (ilmu pasti), yang dilengkapi dengan adab yang baik.

Keywords


Pendidikan Islam, Ta’dib, Syed Muhammad Naquib Al-Attas

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Ahmad, 2021, Konsep Ta’dib Syed Muhammad Naquib Al-Attas Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam, An Nur: Jurnal Studi Islam, Vol.13 No.1.

Alwinsyah, A Chaedar, Pokoknya Kualitatif: Dasar-Dasar Merancang Dan Melakukan Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Dunia Pustaka Dan Pustaka Jaya Jakarta, 2012

Alwi, M. Habib, 2017, Konsep Ta’dib Menurut Syed Muhammad N Aquib Al-Attas Dan Implikasinya Bagi Pendidikan Karakter, Skripsi, Salatiga: IAIN

Aristyasari, Yunita Furi, 2013, Pemikiran Pendidikan Islam Syed Muhammad Naquib Al-Attas, Hermenia: Jurnal Kajian Islam,Vol.13 No.2.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Pt. Rineka Cipta, 2010

Bungin, Burhan, Analisis Data Penelitain Kualitatif, Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada, 2003

Daud, Mohd Nor Wan Daud, 1998, Filsafat Dan Praktik Pendidikan Islam, Kuala Lumpur: ISTAC

Hakim, Mohammad David El & Eni Fariyatul Fahyuni, 2020, Pendidikan Islam Dalam Perspektif Syed Muhammad Naquib Al-Attas Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Islam Di Indonesia: Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan Vol. 2, No. 2.

Prayitno, Dasar Teori Dan Praksis Pendidikan, Jakarta: Grasin

Sugiato,Arif, 2021, Rekonstruksi Filsafat Pendidikan Islam, Yogyakarta:

Bintang Pustaka Madani

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2000

Suhandi, 2020, Konsep Pendidikan (Ta’dib) Untuk Membentuk Kepemimpinan Munurut At-Attas: Jurnal Studi Agama-Agama Dan Pemikiran

Islam, vol.18 No. 2.

Syah, Ahmad, Term Tarbiyah, Ta’lim Dan Ta’dib Dalam Pendidikan Islam: Tunjauan Dari Aspek Simantik. Jurnal Ilmiah Keislaman Al-Fikra, Vol. 7, No. 1, Januari-Juni 2008

Thalib, M. Pendidikan Islam Metode 30 T, Bandung: Irsyad Baitus Salam, 1996.

Yasin, rizal fauzi, 2017, konsep Pendidikan islam menurut syed Muhammad naquib al-attas: jurnal Pendidikan islam Rabbani vol.1, no. 2. 247-257




DOI: https://doi.org/10.30743/taushiah.v14i2.10706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan



INDEXING:


        





Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan (E-ISSN: 2599-1353) by https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/tsh/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.