PERAN GURU PAI DALAM PEMBINAAN AKHLAK DI SMP YAYASAN PERGURUAN INDONESIA MEMBANGUN NAMORAMBE

Santi Hartati BR. Bukit

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi tentang bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam melakukan dan menerapkan Pembinaan Akhlak yang berada di SMP Yayasan Perguruan Indonesia Membangun Namorambe. Sekarang ini banyak ditemukan penyimpan yang dilakukan beberapa peserta didik baik itu di sekolah maupun di luar lingkungan sekolah seperti melawan guru, bolos saat di jam sekolah, berkata yang tidak sopan, dan masih banyak penympangan-penyimpangan yang terjadi. Jenis penelitian yang dilakukan dalam skripsi ini adalah analisis kualitatif, proses pengumpulan data didapatkan dengan melakukan beberapa metode yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Fokus penelitian adalah Peran Guru Pendidkan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik SMP Yayasan Perguruan Indonesia Membangun Namorambe. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa peran guru agama Islam dalam pembinaan akhlak peserta didik SMP Yayasan Perguruan Indonesia Membangun Namorambe sudah dilakukan dengan baik dan guru sudah menjalankan tugas dengan prosedur atau kurikulum yang berlaku. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak peserta didik adalah dengan cara menerapkan pembiasaan di sekolah membiasakan peserta didik mengucap salam, berperilaku yang baik, bertutur kata yang lembut, rapi dalam berpakaian, disiplin belajar, menghormati guru dan sesama teman. Peran guru dalam pembinaan akhlak juga sudah banyak memberikan pengaruh terhadap peserta didik yakni peserta didik memiliki akhlak yang lebih baik lagi, walaupun memang sedikit berat dalam pembinaan ini, dikarenakan berada di mayoritas non-muslim dan minim pengetahuan terhadap Islam.

Keywords


Guru, PAI, Akhlak, Di SMP Yayasan Perguruan Indonesia Membangun Namorambe

Full Text:

PDF

References


Abrasyi, Moh. Atiyah Al-. 1984. Dasar-dasar Pokok Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Abdullah, Muhammad. 2003. Tafsir Ibnu Katsir Jilid 5. Bogor: Pustaka Imam asy-Syafi’i.

Abdul Majid, dkk. 2012. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Rosdakarya.

Abdul Majid. 2012. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Abdul Mujib. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Aliy, As’ad. 2007. Terjemah Ta’limul Muta’allim. Yogyakarta: Menara Kudus.

An-Nabhani, Taqiyuddin. 1953. Nizham Al-Islam. Jakarta: Pustaka Fikrul Islam.

A.Muri Yusuf. 1994. Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Daradjat, Zakiyah, et al. 1992. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Agama RI. 2004. Al-Jumanatul Ali, Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: CV. Penerbit J-ART.

———. 2005. Wawasan Tugas Guru dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.

Dirjen Bimbaga Islam. 2003. Kendali Mutu Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Percetakan Negara.

Dakir dan Sardimi. 2011. Pendidikan Islam & ESQ: Komparasi-Integratif Upaya Menuju Stadium Insan Kamil. Semarang: Rasail Media Group.

Hasbullah. 2010. Otonomi Pendidikan. Jakarta: PT Rajawali Pers.

Hasyim Syamhudi, M. 2015. Akhlak Tasawuf: Dalam Kontruksi Piramida Ilmu Islam. Malang: Madani Media.

Hery Noer Aly. 2001. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta.

Khalimi. 2006. Berakidah Benar Berakhlak Mulia. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Lexy, J. Moeong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet. 2. Bandung: PT Rosdakarya.

Mahmud Syalthut. 1973. Al-Islam Aqidah WaSyari’ah. Jakarta: Bulan Bintang.

Marimba, Ahmad D. 1990. Pengantar Filsafah Pendidikan Islam. Bandung: Armico.

Moh Uzer Usman. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasharuddin. 2015. Akhlak: Ciri Manusia Paripurna. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Poerwadarminta. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.

Ramayulis. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

———. 2005. Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Sinar Grafika.

Rukaesih dan Ucu Cahyana. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Salim dan Syahrum. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukaria Sinulingga. 2015. Metode Penelitian. Medan: USU Press.

Suwarno. 1984. Pengantar Umum Pendidikan. Bandung: Aksara Baru.

Syaiful Bahri Djamarah. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Reneka Cipta.

Syahrbini, Amirulloh. 2015. Guru Hebat Indonesia. Yogyakarta: Ar-Russ Media.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI. 2009. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi II. Jakarta: Balai Pustaka.

———. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Trim, Bambang. 2008. Menginstal Akhlak Anak. Jakarta: PT Grafindo Media Pratama.

Uguh Suharso. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Bisnis. Jakarta: PT Indeks.

Wiyani, Novan Ardy. 2015. Etika Profesi Keguruan. Yogyakarta: Gava Media.

Zakiah Daradjat. 1995. Pendidikan Islam Dalam Keluarga. Jakarta: Rauhama.

Zakiyah Drajat. 1995. Pendidikan Islam Dalam Keluarga. Jakarta: Rauhama.




DOI: https://doi.org/10.30743/taushiah.v14i2.10707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan



INDEXING:


        





Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan (E-ISSN: 2599-1353) by https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/tsh/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.