ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM CERITA RAKYAT SAMPURAGA DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBENTUKAN AKHLAK DI KELURAHAN LONGAT PANYABUNGAN BARAT

Atina Faza Khairani

Abstract


Penelitian ini bertujan untuk mengetahui dan menganalisis nilai - nilai  Pendidikan Moral dari cerita rakyat Sampuraga .Menganalisis bagaimana   Pengaruh cerita rakyat Sampuraga dengan pembentukan akhlak di kelurahan Longat, Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal. Untuk mengetahui upaya melestarikan cerita rakyat Sampuraga di Kelurahan Longat, Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan maka peneliti melakukan beberapa teknik yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengikuti model Miles dan Huberman yang mengemukakan bahwa aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan langsung secara terus menerus sampai tuntas ,sehingga datanya jenuh.   Kesimpulan dari hasil penelitian setelah dianalisis, ada 6, yaitu ;1) terdapat beberapa nilai-nilai pendidikan  moral dalam cerita rakyat Sampurga yang berasal dari tokoh utamanya Sampuraga. Ada yang patut di contoh dan harus diterapkan karena  sesuai dengan al-qur an dan hadist tetapi  ada juga yang harus ditinggalkan karena termasuk akhlak buruk. Nilai-nilai moral yang sesuai degan ajaran al-qur an adalah ;berani, tidak berputus asa,jujur, tekun ,dan ulet. Sedangkan akhlak yang tidak baik dan harus ditinggalkan adalah ; kasar, durhaka, tidak jujur. 2) Masyarakat di Kelurahan Longat memiliki 2 versi mengenai nama daerah asal si Sampuraga. Ada yang mengatakan Sampuraga berasal dari daerah jauh tanpa nama, dan ada mengatakan Sampuraga berasal dari daerah Padang Bolak. Kemudian tidak ada masyarakat di Kelurahan Longat yang mengetahui tahun atau abad keberapa terjadinya peristiwa legenda Sampuraga dan siapa pencipta cerita rakyat Sampuraga juga tidak diketahui.3) Cerita rakyat Sampuraga punya berpengaruh dalam pembentukan akhlak anak agar sayang,hormat,dan berbakti kepada orang tua.dan menjauhi sikap durhaka kepada orang tua 4) Menurut kalangan remaja kisah Legenda Sampuraga masih memberikan pengaruh positif dalam  membentuk akhlak mulia bagi generasi muda di Kelurahan Longat ,Kec, Panyabungan Barat. 4) Animo Masyarakat dari dalam dan luar daerah Kelurahan Longat masih cukup tinggi untuk mengunjungi situs Kolam Air Panas Sampuraga.5) Animo Masyarakat dari dalam dan dari luar daerah.Kelurahan Longat masih cukup tinggi untuk mengunjungi situs Kolam Air Panas. 6)Pemerintah Daerah memiliki perhatian yang baik terhadap situs Kolam Air Panas Sampuraga terbukti dengan pembangunan dan perawatan yang berkesinambungan terhadap situs tersebut.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman An Nahlawi, Pendidikan Islam di Sekolah dan Masyarakat, Gema Insani Press,Jakarta, 1995

Al-Abrasyi, Muhammad Athiyyah, Dasar-Dasar Pendidikan Islam. terj, Bustami Abdul Ghani Cet.III, Jakarta: Bulan Bintang, 1994

Amri Syafri, Ulil, , Pendidikan Karakter Berbasis Al Qur‟an, Jakarta: Rajawali Pers.2014

Azwar, Saifuddin , Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1997.

Bisri, Akhlak, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam dan Departemen Agama RI,.2009

Hizair M A, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Jakarta: Tamer, 2013

James Danandjaja ,folklor Indonesia, Pustaka utama Grafiti ,Jakarta :1984

Danandjaja, James. 2007. Folklor Indonesia, Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain-lain. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Kurniawan Heru. 2013. Keajaiban Mendongeng. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer

Maktabah al-fatih , Mushaf An-Nur Al-Qur’anul Karim Tafsir perkata,Tajwid warna Tajwid Angka Arab & Translitrasi,Jakarta Timur, 2015

Moh. Roqib, Ilmu Pendidikan Islam, (Yogyakarta: PT. LkiS Yogyakarta, 2009

Moh. Zuhri, et. al., Terjemah Sunan At-Tirmidzi, (Semarang: CV. Asy Syifa‟, 1992)

Muhammad Nashiruddin Al Albani, Ringkasan Shahih Bukhari, (Jakarta: Pustaka Azzam, 2012), Jilid 5

Muri Yusuf, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan, (Jakarta: Kencana, 2014)

Nikmah Sari Hasibuan, analisis nilai moral dalam cerita rakyat sampuraga pada masyarakat mandailing natal (volum 2,no 2), Medan, 2019

Nuryah, (ed.), Pengantar Akidah Akhlak dan Pembelajarannya, Yogyakarta: Lintang Rasi Aksara Books.2017

Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: UGM. 2013

Pawito, Penelitian Komunikasi Kualitatif, (Yogyakarta: PT. LkiS Pelangi Aksara), 2008

Peter Salim dan Yenni Salim, Kamus Bahasa IndonesiaKontemporer,Jakarta,2002

Sahril, Cerita Jenaka Masyarakat Melayu, (Medan: Mitra, 2011)

Septian Adi Kurniawan dan Asman, Cerita Rakyat sebagai Fragmentaris Sastra Anak dan Kesesuaiannya Dengan Perkembangan Anak-anak (prosiding SENASBASA), vol 3 ,Malang :2019

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2013)

Suwardi Endraswara, Metodologi Penelitian Folklor, (Yogyakarta: Med Press,

,

Yunahar Ilyas,Kuliah Akhlak, Pustaka Pelajar,Yogyakarta Offset,2006


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan