PENGARUH LAYANAN MOBILE BANKING TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK MUAMALAT KCU MEDAN BARU
Abstract
Loyalitas nasabah terhadap bank salah satunya adalah karena adanya pelayanan mobile banking yang dapat mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi karena nasabah sudah bisa melakukan aktivitas bank tidak harus ke kantor namun cukup dengan menggunakan aplikasi yang ada di handphone.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana layanan mobile banking terhadap peningkatan nasabah pada Bank Muamalat KCU Medan Baru, Untuk mengeahui bagaimana pengaruh layanan mobile banking terhadap peningkatan nasabah pada Bank Muamalat KCU Medan Baru dan untuk mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi terhadap peningkatan loyalitas nasabah pada Bank Muamalat KCU Medan Baru. Hasil penelitian ini adalah Terdapat pengaruh layanan mobile banking terhadap peningkatan nasabah pada Bank Muamalat KCU Medan Baru sebagaimana hasil uji t bahwa t hitung 41.642 lebih besar dari t tabel 1.663 (41.642>1.663). Besaran pengaruh layanan mobile banking berpengaruh terhadap peningkatan nasabah pada Bank Muamalat KCU Medan Baru adalah 95.3%. Dengan kata lain perubahan loyalitas mampu dijelaskan oleh variabel X, dan sisanya sebesar 4,7% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diikutkan dalam penelitian ini. Faktor yang mempengaruhi peningkatan loyalitas nasabah pada Bank Muamalat KCU Medan Baru adalah pelayanan karyawan (personil), empati, daya tanggap, reputasi bank, kredibilitas, sarana & prasarana, identitas.
Full Text:
PDFReferences
Adila, M. Pengaruh Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah (Study Pada PT Bank BRI Syariah KC Margonda Depok). Jurnal. 2017.
A Hidayat, Bentuk dan Cara Kerja Mobile Banking, (Jakarta: UNHAS, 2018)
Al-Faridzi, Pengertian Mobile Banking dan Penggunaannya, (Jurnal, Perbankan,2019)
Ansari, Mobile Banking Bank Muamalat, (Jurnal, Perbankan, 2020)
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, (Jakarta : Depag RI, 2016)
Eriyanto, Analisis Isi, Pengantar Metodologi Untuk Penelitian lmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya (Jakarta : Kencana, 2011)
Febri Nur Endah Safitri, Pengaruh Kualitas Layanan Internet Banking terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Negara Indonesia Persero Tbk KC Madiun Jurnal Equilibrium, Volume 6, Nomor 1, 2018.
Fandy Tjiptono, Service Management: Mewujudkan Layanan Prima (Yogyakarta: Andi Offset, 2012)
Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra, Pemasaran Strategik, (Yogyakarta:ANDI, 2015)
Fandy Tjiptono, Pemasaran Jasa, (Yogyakarta: Penerbit ANDI,2014)
Fandy Tjiptono, Prinsip-Prinsip Total Quality Service, (Yogyakarta: Penerbit Andi, 2022)
Febrianta A, Indrawati, Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah di Bank BCA Kota Bandung, Jurnal UTB, 2015.
Gefen dab Staub D, Managing User Trust in B2C E-Service (Online), E-Service,
Journal. Vol.2 No.2. 2011.
Giga B, dkk, Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Resiko Dan Persepsi Kesesuaian Terhadap Minat Menggunakan Mobil Banking, Jurnal Administrasi Bisnis, vol.26 No.2, 2015.
Ibnu Abidin, Radd al-Muhtar ‘ala ad-Dur al-Mukhtar, Jilid IV, Al-Amiriyah, Mesir, tt.
Indah, D. R. Pengaruh E-Banking dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah pada PT. Bank BNI’46 Cabang Langsa . Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 2016.
Ikatan Bankir Indonesia, Mengenal Operasional Perbankan 1, Edisi Pertama, (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum, 2014)
Kasmir, Pelayanan Prima, (Gunung Mulia, Jakarta, 2014), hlm.115
Kuncoro, Cara Daftar Mobile Banking Bank Syariah Mandiri (BSM), (Jakarta : Pedoman Bank, 2021)
Kharismawan, I.T dan Widyanto, Pengaruh Penggunaan Kenyamanan Akestabilitas, keamanan penggunaan dan Kepercayaan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Terhadap Minat Bertransaksi Ulang Secara E-Bankinmg. Journal Management, vol.5 No.1, 2016.
Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran. (Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia, 2018)
Lusi Arsitas, Pengaruh Penggunaan dan Pengelolaan Mobile Banking Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM di Kota Makassar, Skripsi. 2021
Maryanto Supriyono, Buku Pintar Perbankan,(Yogyakarta: ANDI, 2021)
Murni Anugrah L, Layanan Jasa Perbankan, (Yogyakarta:KTSP, 2018)
Ratinto dan Atik,Manajemen Pelayanan,(Yogyakarta :Pustaka Pelajar 2008)
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah, Perilaku Konsumen,( Yogyakarta: Andi Offiset, 2013)
M. Nur Rianto Al Arif, Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah (Bandung: Alfabeta, 2012)
Mardalis, Ahmad. Meraih Loyalitas Pelanggan. (Jakarta: Balai Pustaka, 2017).
Muammar Arafat Yusmad, Aspek Hukum Perbankan Syariah dan Teori Ke Praktik, (Yogyakarta : Depublish, 2018)
Muhammad Adam, Manajemen Pemasaran Jasa, (Bandung ALFABETA, 2015)
Novitasari Putri Wulandari, Nadya Novandriani, dan Karina Moeliono, Analisis Faktor-Faktor Penggunaan Layanan Mobile Banking Di Bandung, Bisnis dan Iptek 10, no.2 (2017):
Otoritas Jasa Keuangan, Bijak Ber-Eletronic Banking, (Jakarta : Buku Panduan, 2021)
Rattih Huriyatih, Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, (Jakarta : Bumi Aksara, 2016)
Ririn Tri Ratnasari dan Mastuti H, Manajemen Pemasaran Jasa, (BogorL Ghalia Indonesia, 2011)
Sri Imelda dan Hikmayanti Huwaida, Pengaruh Kualitas Layanan M-Banking terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank BRI KCP Kayu Tangi Banjarmasin, Jurnal Intekna, Volume 19, No. 2, 2019.
Syamsul Riza dan Munawir, Pengaruh Kepuasan Nasabah Terhadap Menggunakan Mobile Banking (M-Banking) Pada Bank BCA Cabang Banda Aceh” Jurnal Ekonomi dan Manajemen Teknologi, Volume 1, No. 2, 2017.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, (Bumi Aksara, Jakarta, 2016)
Suharsimi Arikunto, Pengantar Suatu Penelitian, (Bumi Aksara, Jakarta, 2016)
Sutopo dan Adi Suryanto, Pelayanan Prima (Jakarta: Lembaga Administrasi Negara, 2011)
Sutopo dan Adi Suryanto, Pelayanan Prima (Jakarta: Lembaga Administrasi Negara, 2021)
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2008, Perbankan Syariah,
Diakses 16 November 2022.
Vyctoria, Bongkar Rahasia E-Banking Security dengan Teknik Hacking dan Carding, (Yogyakarta: ANDI, 2015)
WJS. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta : Balai Pustaka, 2016)
WJS Poerwa Darminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2016)
Wahyu Agus Winarno, Analisis Minat Penggunaan Mobile Banking Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Yang Telah Dimodifikasi (Analysis Behavioral Intention to Uses of Mobile Banking
Technology Acceptance Model (TAM) Approach Modified), e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 2017, Volume IV (1)
Wiji Nurastuti, Teknologi Perbankan, (Yogyarkarta: Graha Ilmu, 2021)
Zakaria Harahap, Pengaruh Pelayanan M-Banking terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Syariah Mandiri Kota Prabumulih, Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Perbankan Syariah, Volume 6 Nomor 1, 2020.
DOI: https://doi.org/10.30743/taushiah.v13i2.9144
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan
INDEXING:
Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan (E-ISSN: 2599-1353) by https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/tsh/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.