IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MTs YPK SIDOMULYO KECAMATAN MEDANG DERAS KABUPATEN BATU BARA

Abdul Hafis

Abstract


Tujuan Penelitian ini dilakukan adalah, pertama, mengetahui implementasi pembelajaran akidah akhlak di MTs YPK Sidomulyo Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batubara. Untuk mengetahui apakah implementasi pembelajaran akidah akhlak dapat membentuk karakter siswa di MTs YPK Sidomulyo Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batubara. Untuk mengetahui faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter siswa MTs YPK Sidomulyo Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batubara. Metode penelitian ini merupakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dengan informan kepala sekolah dan guru akidah akhlak. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa implementasi pembelajaran akidah akhlak di MTs YPK Sidomulyo Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batubara dilakukan dengan tiga cara yaitu melalui proses belajar-mengajar di kelas, melalui peneladanan dari guru dan melalui nasehat oleh guru akidah akhlak serta melalui hukuman kepada siswa yang melanggar peraturan. Implementasi pembelajaran akidah akhlak dapat membentuk karakter siswa di MTs YPK Sidomulyo Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batubara. Faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter siswa MTs YPK Sidomulyo adalah faktor dari dalam yaitu faktor usia siswa yang masih labil sehingga masih mudah terpengaruh dan berubah terhadap karakter dari yang diajarkan oleh guru. Faktor dari luar adalah adanya pengaruh dari luar diri siswa yaitu pengaruh teman dan pengaruh media sosial.


Full Text:

PDF

References


Abdul Hakam, Pembentukan Karakter dan Nilai Islam, (Bumi Aksara, Jakarta, 2021)

Abdullah Nashih Ulwan, Pendidikan Anak dalam Islam 2, Pustaka Amani, Jakarta, 2009)

Ahmad Warson, Kamus al-Munawwir (Yogyakarta: PP. Al-Munawwir Krapyak, 2014)

Atabik Ali, Kamus Kontemporer Arab Indonesia (Cet. VIII; Yogyakarta: Multikarya Grafika, 2013)

Asep Usmar Ismail,dkk. Tasawuf, Pusat Studi Wanita (PSW) (UIN Jakarta, 2015)

Aini, Pendidikan Karakter Religius, (Ihsan, Jakarta, 2020)

Ardani, Akhlak Tasawuf “Nilai-nilai Akhlak dalam Ibadat dan Tasawuf, (CV Karya Mulia, Jakarta, 2015)

Akib dan Sujak, Nilai Akhlak dan Karakter, (Usaha Nasonal, Jakarta, 2020)

Ansumanti. Persiapan Guru Dalam Melaksanakan Sistem Pembelajaran Merdeka Belajar Di SDN 140 Seluma Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 2020.

Ari Gunawan, Implementasi Dan Kesiapan Guru IPS Terhadap Kurikulum Merdeka Belajar, skripsi, 2022

Burhan Bungin, Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi,Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial (Jakarta: Kencana Predana Media Group, 2007)

Darmayanti, Pembelajaran Suatu Pengantar, (Jakarta, Bumi Aksara, 2017)

Darsono, Belajar dan Hasil Belajar (Jakarta: Bumi AKsara, 2012)

Djaali dan Pudji Muljono, Pengukuran dalam Bidang Penelitian (Jakarta. Gramedia,2007)

Dharma, E. & Sihombing, B. Merdeka Belajar: Kajian Literatur. (Urban Green Conference Proceeding Library: Jakarta, 2020)

E Mulyasa, H. Pengembangan Dan Implementasi Kurikulam 2013 (Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offet 2013)

Farid Ma’ruf, Pendidikan Akhlak, (UPI, Jakarta, 2018)

Fitria Carli Wiseza, Implementasi Nilai Karakter Jujur Di Sekolah Bunda Paud Kerinci, Nur El-Islam,Volume 4, Nomor 2, Oktober 2017)

Fuad, Jauhar. Pendidikan Karakter dalam Pesantren Tasawuf, Jurnal Pemikiran Keislaman 23, No. 1, 2021

Hamidy, Mu’ammal, AM, Imron, Fanany., Umar, Terjemahan Nailul Authar Himpunan Hadits- Hadits Hukum, (Surabaya: PT. Bina Ilmu, 2001)

Hasyim, Proses Pembelajaran (Jakarta: Bumi Aksara, 2011)

Harianto, Nilai-Nilai Pembentukan Karakter, (Bumi Aksara, Jakarta, 2017)

Ibnu Katsir, Tafsir Al Quran Al Adzim, (Kairo: Dar Al Taufiqiyah li Al Turats, 2009)

Imam Ahmad, Hadits riwayat Muslim, Ahmad, dan Abu Dawud no. 829. (Ad.Daar, Beirut : 2009)

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Elektronik (Pusat Bahasa, 2008), hlm. 283

Kemenag RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, (Kemenag RI, Jakarta, 2018)

Kemendikbud, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta: Kemendikbud, 2015)

Khaeruddin, Ilmu Pendidikan Islam (Makassar: Yayasan Fatiya, 2012)

Lexy J. Moleyong, Metode Penelitian Kualitatif, Rosdakarya, Bandung, 2010)

M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Mishbah Volume II. (Jakarta: Lentera Hati, 2003)

Masnur, Bentuk Pendidikan Karakter, (Bumi Aksara, Jakarta, 2015)

Muchlas Samani, Metode Pembentukan Karakter, (Jemmers, Bandung, 2013)

Muslih, Masnur. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011)

Musdalifah, Persepsi Dan Kesiapan Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Di SMP Burau Kabupaten Luwu Timur, Skripsi, 2023

Muhibbinsyah, Psikologi Belajar (Jakarta: Raja Grafindo, 2000)

Mohammad Daud Ali, Pendidikan Agama Islam (Cet. III; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010)

Mustofa, Akhlak Tasawuf, (CV Pustaka Setia, Bandung, 2015)

Mahyudin, Akhlak Tasawuf 1 Mukjizat Nabi Karomah Wali dan Ma’rifah Sufi, (Kalam Mulia, Jakarta, 2019)

Miftakhuddin, Pendidikan EDkstrakurikuler dalam Pembentukan Karakter, (Salemba, Jakarta, 2020)

Oemar Hamalik, Kurikulum Dan Pembelajaran (Jakarta, Bumi Aksara, 2018)

Permendikbud No. 22 Tahun 2020 Tentang Kurikulum Merdeka Belajar.

Rosyad, Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Managemen Sekolahlm. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, Jurnal, Vol2. No.1, 2021

Rusdy, Implikasi Lingkungan Pendidikan Terhadap Perkembangan Anak Perspektif Pendidikan Islam. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, Vol.2 No.1, 2020

Samani, Mukhlas dan Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012)

Salinan Lampiran Permendikbud No. 66 tahun 2013

Sayyid Quthb, Tafsir fi Zhilalil Qur‟an, Terjemahan As‟ad Yasin dan Abdul Aziz Salim Basyarahil, (Jakarta: Gema Insani Press, 2002)

Suyadi, Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013)

Suharsimi Arikunto, Penelitian Suatu Prosedur, Rineka Cipta, Jakarta, 2016)

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu PendekatanPraktik, (Jakarta: PT.Rineka Cipta,2010)

Syaukani, Pemberdayaan Sumber Daya, (Bumi Aksara, Jakarta, 2013)

Slameto, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya (Jakarta, Rineka Cipta, 2015)

Syahraini, Proses Pembelajaran Efektif, (Bumi AKsara, Jakarta, 2018)

Wahidmurni, Pengembangan Kurikulum IPS dan Ekonomi di Sekolah/ Madrasah, (Malang: UIN malik Press, 2010)

WJS. Puerwdarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 2011)

Yunahar Ilyas, Kuliah Aqidah Islam, (Cet. VIII; Yogyakarta: LPPI, 2014)

Zainal Arifin, Evaluasi Pembelajaran (Bandung, Remaja Rosdakarya, 2009)

Zamroni. Paradigma Pendidikan Masa Depan. (Yogyakarta: Bigraf Publishing, 2020)

Zakky, Pengertian Implementasi menurut Para Ahli, (Pustaka, Jakarta, 2018), hlm.382

Zainal Arifin Dzamaris, Islam Aqidah dan Syari’ah (Cet. I; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012)

Zakiah Daradjat, dkk. Dasar Dasar Agama Islam, Buku Teks Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum, (PT Bulan Bintang, Jakarta, 1996)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan