PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK SISWA DI SMP SWASTA ERIA KOTA MEDAN

Ardiansyah Putra Siagian

Abstract


Pendidikan agama Islam itu mempunyai peran yang sangat penting di dalam peningkatan kepribadian anak, baik secara individu maupun secara sosial. Didalam proses pendidikan dan pengajaran di sekolah, pendidikan agama Islam merupakan hal yang paling penting di dalam membina peserta didik agar tumbuh dan berkembang menjadi insan kamil, cerdas, dan terampil sekaligus bertakwa kepada Allah SWT, dengan demikian maka akan tercipta masyarakat adil dan makmur. Tujuan penelitian ini yakni, pertama mengetahui pengaruh pembelajaran Pendidikan agama Islam terhadap akhlak siswa di SMP Swasta Eria Kota Medan. Kedua, menganalisis kendala dalam penerapan pembelajaran Pendidikan Islam terhadap akhlak siswa di SMP Swasta Eria Kota Medan. Ketiga, mengetahui solusi dalam penerapan pembelajaran Pendidikan Islam terhadap akhlak siswa di SMP Swasta Eria Kota Medan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan pendekatan generalisasi. Sedangkan Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Pembelajaran Pendidikan agama Islam berpengaruh terhadap Akhlak Siswa, dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat dikatakan bahwa variabel pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang meliputi aktivitas anak, kelakuan anak berpengaruh secara signifikan terhadap Akhlak Siswa. Kesimpulan dengan demikian setiap sekolah tidak terlepas dari pelaksanaan, kendala yang dihadapi dalam menerapkan pelaksanaan dan solusi terhadap kendala yang dihadapi.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Munib, Pengantar Ilmu Pendidikan, Semarang:UNNES Press, 2011.

Asmaran As, Pengantar Studi Akhlak, Jakarta: Rajawali Pers, 1992.

Arikunto, Telaah Pustaka Dalam Penelitian, Bandung: Gramedia,2012.

Eka Safitri, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Volume 1, Nomor 1.

Agustus 2016.

Henky Latan dan Selva Temalagi. Analisis Multivariate Menggunakan Program IBM SPSS 20.0. Bandung: Alfabeta, 2013.

John W. Best, Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1982.

Joyful Learning Journal, Volume 2 Tahun 2017. Dikutip pada Selasa tanggal 29 Agustus 2022 Jam 21.00

Jurnal Pesonna Dasar, Vol.2 No.3, October 2014. Dikutip pada Selasa tanggal 29 Agustus 2022 Jam 21.00

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi, Jakarta: Raawali pers, 2012.

Muzayyin arifin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan Psikologis Proses Pendidikan Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.

Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, Bandung: Alfabeta, cet. 7, 2010.

Ridwan Abdullah Sani, Muhammad Kadri, Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara, 2016.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2002.

Sugiyono. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta, 2005.

Salim dan Haidir, Penelitian Pendidikan Metode, Pendekatan dan jenis, Jakarta: Kencana, 2019.

Soeharto, Irwan Metode Penelitian Sosial, Bandung : Rosdakarya 2006.

Soejono Soekanto, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada 1990.

Santoso Slamet. Dinamika Kelompok Sosial. Jakarta: Bumi Aksara 2004.

Soleman B. Taneko, Struktur dan Proses Sosial, Suatu Pengantar Sosiologi Pembangunan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.

Syeik Athiyyah , fatwa kontemporer, Jakarta:Amzah, 2006.

Sumadi Surya Brata, metode penelitian pendidikan, Bandung : PT remaja rosda karya Offest,2017.

Sugiyono. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta, 2005.

Suharsimi Arikunto, prosedur penelitian suatu pendekatan praktis, Rineka cipta: Jakarta, 2010.

Undang-Undang, Nomor.20 tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional, Jakarta : Asa Mandiri 2009.

Tutty Alawiyah, Strategi Dakwah dilinkungan Majelis Taklim, Bandung: Mizan, 1997.

Walgito, Bimo, PsikologiSosial Suatu Pengantar, Yogyakarta: ANDI, 1999.

W. A. Gerungan, Psikoligi Sosial, (Bandung: Eresco, 1996) Cet. 13.

Wildan Zulkarnain, Dinamika Kelompok, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013.

Wahidin Saputra, Pengatar Ilmu Dakwah, Jakarta: Rajawali Press, 2012.

Zakiyah Djarajat, Ilmu Jiwa, jakarta: bulan bintang 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan