Konsep Kurikulum Pendidikan Islam Dalam Perspektif Ahmad Tafsir

Rahmita Sekar Sari

Abstract


Istilah kurikulum muncul untuk pertama kalinya tahun 1856. Pada tahun itu kata kurikulum digunakan dalam bidang olahraga, yakni suatu alat yang membawa orang dari start sampai ke finish. Barulah pada tahun 1955 istilah kurikulum dipakai dalam bidang pendidikan dengan arti sejumlah mata pelajaran di suatu perguruan. Menurut S. Nasution, kurikulum adalah sesuatu yang direncanakan sebagai pegangan guna mencapai tujuan pendidikan. Apa yang direncanakan biasanya bersifat idea, suatu cita-cita tentang manusia atau warga negara yang akan dibentuk. Skripsi ini akan mengkemukakan salah satu tokoh pemikiran pendidikan Islam yaitu Prof. Dr. H. Ahmad Tafsir, pada penelitian ini peneliti khusus membahas tentang bagaimana kurikulum pendidikan Islam menurut pandangan Ahmad Tafsir. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam permasalahan dan pengumpulan data penelitian ini bersumber dari data primer (pokok) dan data sekunder (data pendukung) teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, serta metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah menganalisa isi dalam suatu data atau analisis isi (content analysis). Hasil penelitian, kesimpulan Ahmad Tafsir menawarkan konsep kurikulum yang berintikan keimanan dan akhlak sebagai intinya, yang dimana menjadikan ilmu, keterampilan dan seni dalam kurikulum yang di tawarkan yaitu kurikulum pendidikan islami mengandung nilai-nilai keimanan yang dimana dalam pengonsepan kerangka kurikulum dimulai dari tujuan pendidikan islam itu sendiri yaitu membentuk manusia menjadi muslim yang sebenarnya (kaffah), dan memiliki relevansi nya yaitu dalam ranah tujuannya, aspek proses pendidikannya haruslah berkesinambungan dan berurutan serta berjenjang dalam ranah keilmuannya.


Full Text:

PDF

References


Tafsir, Ahmad. Ilmu pendidikan dalam perspektif islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Abdul Majid, Dian Andayani. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kopetensi Konsep Dan Implementasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Ach. Sayyi. Modernisasi Kurikulum Pendidikan Islam Dalam Perspektif Azyumardi Azra. Tadris 12, no. 1 (2017).

Adyanto. Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam. sabilaarayad 2,no. 1 (2017).

Tafsir, Ahmad etc all. Kuliah-Kuliah Tasawuf. Bandung: Pustaka Hidayah, 2004.

Ar-Rasyid. Al-Qur’An Dan Terjemahannya. Jakarta: Maktabah al-fatih ,2016.

Arifin, Ainal. Konsep Dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosdakarya, 2012.

Badarudin, Kemas. Filsafat Pendidikan Islam (Analisis Pemikiran Prof. Dr. Syed Muhammad Al-Naquib Al- Attas). Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2007.

Daradjat , Zakiah. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara,2004 .

Daulay , Haidar Putra. Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat. Jakarta: Kencana Prendamedia grup, 2014.

Drajat dkk, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1996.

Gunawan, Heri. Pendidikan Islam Kajian Teoritis Dan Pemikiran Tokoh. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Hasan Langgulung, Peralihan Paradigma Dalam Islam Dan Sains Sosial

Abdul Rayid Abdul Aziz, Turuq Al-Tadris Al-Tarbiyah Al-Islamiyah, Kuwait : Wakalat Al-Mathbu’at, 1982.

Athiyah Al-Abrasi, Ruh Al-Tarbiyah Wa Ta’lim, Kairo: Dar Ihya Al-kutub Al-Arabiyah.

Abudin Nata, Filsafat Pendidikan, Jakarta : Logos Wacana Ilmu, 1997.

Suharsimi Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara, 2009.

Muhammad Ali Al-Hulli, Qamus Al-Tarbiyah, Beirut: Dar Al-Ilm li Al-Malayin,1981.

Sri Minarti, Ilmu Pendidikan Islam: Fakta Teoritis-Filosofis & Aplikatif-Normatif (Jakarta: Amzah, 2016).

Rahmat Hidayat, Ilmu Pendidikan Islam; Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia (Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI), 2016),

Fathiyah Hasan Sulaiman, Sistem Pendidikan Versi al-Ghazali, terj. Fathur Rahman (Bandung: alMa’arif, 1986),

Muhammad Athahiyah al-Abrasy, Ruh al-Tarbiyah wa al-Ta‟lim (Saudi Arabiyah: Dar al-Ahya’, tt.)

Ramayulis,Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kalam Mulia, cet. 1, 2006).

Hamdani Ihsan dan Fuad Ihsan, Filsafat Pendidikan Islam (Bandung: Pustaka Setia, cet. 3, 2007).

Mangun Budiyanto, Ilmu Pendidikan Islam (Yogyakarta: Griya Santri, 2010).

Muzayyin Arifin, Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 2003).

Hilda Taba dalam Munzir Hitami, Menggagas Kembali Pendidikan Islam (Yogyakarta: Infinite Press, 2004).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan