PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN REM CAKRAM DAN REM TROMOL MOTOR HONDA MATIC PADA PT. MEGA ANUGERAH MANDIRI MEDAN

Kevin Christian, Steven Handoyo, Kelvin Kelvin, Pikir Hondo, Andre Fitriano

Abstract


Objek penelitian berada di PT Mega Anugerah Mandiri dikarenakan adanya penurunan keputusan pembelian rem cakram dan rem tromol motor honda matic. Keputusan pembelian merupakan keputusan yang akan diambil konsumen atau pelanggan untuk membeli suatu produk setelah mempertimbangkan berbagai faktor. Dalam meningkatkan keputusan pembelian, ada berbagai cara yang dapat dipakai seperti meningkatkan kualitas produk atau memperbaiki sistem promosi perusahaan. Kualitas produk penting untuk suatu perusahaan karena dengan kualitas produk yang baik akan memberikan kesan yang baik untuk pelanggan yang pada akhirnya akan membuat pelanggan tertarik untuk membeli produk perusahaan. Promosi dapat meningkatkan keinginan pelanggan untuk membeli produk perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan sangat memperhatikan promosi. Teori yang digunakan adalahg teori mengenai kualitas produk dan promosi dan keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengujian data menggunakan rumus slovin. Metode pengumpulan data dengan wawancara, pembagian kuesioner dan studi dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, koefisien determinasi pengujian secara simultan (Uji-F) dan secara parsial (Uji-t). Populasi yang digunakan adalah sebesar 138 pelanggan dan jumlah sampel yang digunakan adalah 103 pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan promosi secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien determinasi 44,5%. Dengan nilai Fhitung > Ftabel  sebesar (41.939>3,05) dan nilai uji t thitung > ttabel untuk variabel personal selling (4.624>1,983) dan variabel kualitas produk (4.630>1,983). Dengan demikian kualitas produk dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian rem cakram dan rem tromol honda matic pada PT Mega Anugerah Mandiri Medan.

 

Kata Kunci : Kualitas Produk, Promosi Dan Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.