PENGARUH PERSEPSI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, BUDAYA SEKOLAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KOMITMEN AFEKTIF GURU SMP NEGERI DI WILAYAH TANJUNG MORAWA KABUPATEN DELI SERDANG

Alfian Tanjung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan : (1) pengaruh langsung persepsi kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap komitmen afektif guru, (2) pengaruh langsung persepsi kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi, (3) pengaruh langsung budaya sekolah terhadap komitmen afektif guru, (4) pengaruh langsung budaya sekolah terhadap motivasi berprestasi guru, (5) pengaruh langsung motivasi berprestasi terhadap komitmen afektif guru.

Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) pengaruh langsung persepsi kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap komitmen afektif guru p41= 0,179, (2) pengaruh langsung persepsi kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi p31 = 0,168 , (3) pengaruh langsung budaya sekolah terhadap komitmen afektif guru p42 = 0,174, (4) pengaruh langsung budaya sekolah terhadap motivasi berprestasi guru p32 = 0,175, (5) pengaruh langsung motivasi berprestasi  terhadap komitmen afektif guru p43 = 0,171.

 

Kata Kunci : Kepemimpinan, Budaya, Motivasi, Komitmen


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.