PENGARUH PERSONAL SELLING DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KERAMIK GARUDA TILE PADA PT. JUI SHIN INDONESIA MEDAN

Varian Varian, Melvin Melvin, Natasya Natasya, Khomeiny Yunior

Abstract


Objek penelitian berada di PT Jui Shin Indonesia Medan dikarenakan adanya penurunan keputusan pembelian keramik garuda tile yang ada di perusahaan. Keputusan pembelian adalah keputusan yang dimiliki oleh pelanggan dalam menentukan produk yang dibeli sesuai dengan kriteria dan keinginan dari pelanggan tentang kemampuan produk dalam menarik minat mereka (pelanggan). Personal selling adalah penjualan secara personal yang dilakukan secara tatap muka untuk memperkenalkan produk yang dijual dan membuat pemahaman tentang produk sehingga pelanggan akan mencoba dan membeli produk tersebut. Selain personal selling, faktor lain yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian adalah saluran distribusi. Saluran distribusi adalah media yang digunakan oleh perusahaan untuk menyalurkan produk-produk yang dijual kepada pelanggan. Teori yang digunakan adalahg teori mengenai personal selling, saluran distribusi dan keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengujian data menggunakan rumus slovin. Metode pengumpulan data dengan wawancara, pembagian kuesioner dan studi dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, koefisien determinasi pengujian secara simultan (Uji-F) dan secara parsial (Uji-t). Populasi yang digunakan adalah sebesar 185 konsumen dan jumlah sampel yang digunakan adalah 126 konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa personal selling dan saluran distribusi secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien determinasi 32,1%. Dengan nilai Fhitung > Ftabel  sebesar (61.273>3,05) dan nilai uji t thitung > ttabel untuk variabel personal selling (3.071>1,974) dan variabel saluran distribusi (8.208>1,974). Dengan demikian personal selling dan saluran distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian keramik garuda tile pada PT. Jui Shin Indonesia Medan

 

Kata Kunci : Personal Selling, Saluran Distribusi dan Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.