ANALISIS PEMAHAMAN ANGGOTA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA PADA KSU MANDIRI KELURAHAN PUJIDADI BINJAI SELATAN

Ernita Ernita

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh pemahaman anggota dan kualitas layanan yang diberikan terhadap tingkat partisipasi anggota koperasi.  Kajian dilaksanakan di Koperasi Serba Usaha (KSU) Mandiri Kelurahan Pujidadi Binjai Selatan Kotamadya Binjai. Kajian yang dijalankan menggunakan metode deskriptif-kuantitatif. Sampel dipilih secara acak sebanyak 66 orang responden dari populasi anggota koperasi sebanyak 247 orang.Data primer dikumpulkan menggunakan dafar pertanyaan dengan skala Likert 1-5.  Hasil kajian menunjukkan bahwa secara simultan, variabel bebasberpengaruh nyata dalam meningkatkan partisipasi anggota, dengan nilai F =187.562**, dan secara parsial pemahaman anggota berpengaruh nyata dalam meningkatkan partisipasi anggota, demikian pula kualitas pelayanan yang diberikan pengurus berpengaruh nyata meningkatkan partisipasi anggota. Koefisien determinasi diperoleh R2=0.856, dengan persamaan regresi linear berganda: Ŷ = 0.070+ 0.693 PH + 0.283 KP.

 

Kata Kunci :    Kualitas Pelayanan, Partisipasi Anggota


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.