DISIPLIN KERJA, MOTIVASI DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP PELAYANAN PERAWAT

Ulen Bangun

Abstract


ABSTRAK

 

Rumah sakit sebagai suatu unit usaha yang memberikan jasa pelayanan kesehatan tentunya harus meningkatkan pelayanannya kepada pasien khususnya melalui pelayanan yang diberikan oleh perawat. Penelitian tentang pelayanan perawat ini dilaksanakan di RSUD Djulham Binjai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui disiplin kerja, motivasi dan pengembangan karir terhadap pelayanan yang diberikan perawat kepada pasien.

Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perawat yang berstatus pegawai negeri di RSUD Djulham Binjai. Dari populasi tersebut, ditarik sampel sebanyak 98 responden dengan penarikannya menggunakan penarikan secara acak (random sampling)yaitu penentuan sampel berdasar kebetulan dimana siapa yang kebetulan bertemu dengan peneliti dapat dijadikan sampel jika dipandang cocok. Metode analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan metode analisis regresi, adapun bentuk-bentuk pengujiannya adalah uji validitas, reliabilitas, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis dan koefisien determinasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel independen berpengaruh positif signifikan terhadap variabel dependen. Dimana didapat hasil persamaan regresi linear berganda sebagai berikut : Y = 12.234 + 0.510 X1 + (-0.264) X2 + 0.654 X3 + 3.539. Dari hasil analisis tersebut dijelaskan bahwa variabel disiplin kerja dan pengembangan karir memiliki pengaruh yang kuat dan searah terhadap pelayanan perawat, namun variabel motivasi kerja memiliki pengaruh yang rendah terhadap pelayanan perawat. Selain ini, dari uji koefisien determinasi didapatkan bahwa variabel pengembangan karir memiliki kontribusi terbesar yakni 56% diikuti variabel disiplin kerja 49% sedangkan variabel motivasi memiliki kontribusi yang rendah yakni 0,08%.

 

Kata Kunci :    Disiplin kerja, Motivasi, Pengembangan Karir dan Pelayanan   Pewarat


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.