PENGARUH WORD OF MOUTH DAN KUALITAS LULUSAN (STUDI KASUS PADA MAHASISWA STIE BINA KARYA TEBING TINGGI)

Rumiris Siahaan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Word of mouth dan Kualitas Lulusan terhadap Pengambilan Keputusan Mahasiswa memilih jurusan manajemen. Setelah dilakukan analisis dilihat dari pengujuan Regresi linier berganda Y = 9,480 +0, 558X1 + 0,372X2 menunjukkan bahwa dari persamaan regresi Variabel Word of mouth dan Kualitas lulusan menunjukkan hasil positif. Artinya apabila faktor variabel Word of mouth (X1) dan Kualitas lulusan (X2) Meningkat 1 satuan nilai, maka diprediksi variabel Pengambilan Keputusan (Y) juga meningkat 1 satuan nilai. Kemudian Uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan hasil R square sebesar 0,245 atau 24,5%. Hal ini menunjukkan jika Variabel X1 dan Variabel X2 dapat menjelaskan Variabel Y sebesar 24,5% , sisanya sebesar 75,5% (100% - 24.5%) dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian ini. Untuk uji t (parsial) variabel Word of mouth (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pengambilan Keputusan diketahui bahwa thitung (2.948) > ttabel (1.998), demikian pula dengan nilai signifikansinya sebesar 0,005 < 0,05 maka dapat disimpulkan hipotesis pertama dapat diterima, untuk Uji t (parsial) variabel Kualitas lulusan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pengambilan Keputusan diketahui bahwa thitung (2,013) > ttabel (1.66940), demikian pula dengan nilai signifikansinya sebesar 0,048 < 0,05 maka dapat disimpulkan hipotesis kedua diterima. Selanjutnya untuk uji F (simultan) diketahui bahwa Fhitung (11.402) > Ftabel (3,15), dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan hipotesis ketiga diterima, artinya Variabel X1 dan Variabel X2 berpengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap Pengambilan Keputusan mahasiswa memilih jurusan manajemen di STIE Bina Karya Tebing Tinggi.

Full Text:

PDF

References


A, Shimp, Terence. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat

Garvin, D. A. 2010. Managing Qualitiy. New York: The Free Press

Hasan, Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Statistik II. Statistik Inferensial. Penerbit Bumi Aksara . Jakarta

Hasan, Ali. 2010. Marketing dari Mulut ke Mulut. Yogyakarta : Media Pressindo

Kotler dan Keller. 2012. Marketing Management Edisi 14. Global Edition Person Prentice Hall

Irham, Fahmi. 2013. Teori dan Teknik Pengambilan Keputusan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Bumi Aksara. Jakarta

Nastiti, Heni. 2014. Analisis Pengendalian Kualitas Produk dengan Metode SQC

Reed, S.K. 2011. Psikologi Kognisi: Teori dan Aplikasi. Penerjemah: Aliya Tusyani. Salemba Humanika: Jakarta

Sernovitz, Andy. 2012. Word of Mouth Marketing How Smart Companies Get People Talking. Austin: Greenleaf Book Group Press

Suryani, Tatik. 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet. Yogyakarta: Graha Ilmu

Subana, Sudrajad. 2011. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia

Sunyoto, Danang. 2013. Teori, Kusioner dan Analisis Data Untuk Pemasaran

Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Penerbit. Andy. Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.