PENGARUH PEMBERIAN AMELIORAN TERHADAP KADAR Ca-dd TANAH ULTISOL

Nurhayati Nurhayati

Abstract


Penelitian imi bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian amelioran pada tanah Ultisol terhadap kadar Ca-dd. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium kimia tanah Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala dari Febuari 2019 sampai Mei 2019. Penelitian ini menggunakan Rancanga Acak Lengkap (RAL) non faktorial yang diulang sebanyak 4 kali. Faktor yang ditelitih adalah dosis amelioran yang terdiri atas 6 taraf perlakuaan dengan 4 kali ulangan. Faktor yang ditelitih adalah dosis amelioran yaitu K0 = 0 ton/ha, K1 = 5 ton/ha, K2 = 10 ton/ha, K3 = 15 ton/ha, K4 = 20 ton/ha, K5 = 25 ton/ha, K6 = 30 ton/ha. Adapun parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah Ca-dd. Hasil penelitiana menunjukan bahwa pemberian amelioran berpengaruh nyata terhadap Ca-dd. Peningkatan dosis amelioran dari 0 ton/ha samapi 30 ton/ha meningkatkan Ca-dd.

Full Text:

PDF

References


Agusni dan Halusni, S., 2012. Perubahan Kualitas Tanah Ultisol Akibat Penambahan Berbagai Sumber Bahan Organik. Lentera Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi, Vol 12 (3).

Hardjowigeno, S. 2015. Ilmu Tanah, Akademika Pressindo, Jakarta.

Hartati S., Joko W., Grece N., 2012. Status Unsur Hara Ca, Mg, dan S sebagai Dasar Pemupukan Tanaman Kacang Tanah (Arachis Hypogaea L.) di Kecamatan Punung Kabupaten Pacitan. Jurnal Ilmu Tanah dan Agroklimatologi . Vol.9 (2).

Sujana, I.P. 2015. Pengelolaan Tanah ultisol dengan Pemberian Pembenah Organik Biochar Menuju Pertanian Berkelanjutan. Jurnal Agrimeta 5(09), https://jurnal.unmas.ac.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.