IMPLEMENTASI STANDAR PENDIDIK PADA PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK KOTA MEDAN

Satriyadi Satriyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualifikasi pendidikan pada Guru PAUD di kota Medan dan kompetensi yang dimiliki guru PAUD di kota Medan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru sebagai informan kunci. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi pedagogik pada Guru Pendidikan Anak Usia Dini sangat penting dalam kegiatan pembelajaran baik dari pendidikan formal maupun pendidikan nonformal, namun pada kenyataannya sebagian guru Pendidikan Anak Usia Dini masih memiliki kompetensi pedagogik yang kurang baik dalam pemahaman peserta didik, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari guru yang selalu tidak membuat perencanaan pembelajaran sebelum pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari guru yang tidak teratur dalam mengevaluasi hasil belajar. Dalam pemanfaatan hasil belajar, kompetensi profesional guru relatif kurang baik, dimana semua guru berpredikat sarjana namun kurang relevan dengan bidangnya, memiliki perangkat pembelajaran namun hanya copy paste, menerapkan pembelajaran dengan model pembelajaran yang menyenangkan.

Full Text:

PDF

References


Agustino Leo. 2008. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta

Anamara, Maria Goreti V. 2014. Evaluasi Program Implementasi Standar PAUD Jurnal Pendidikan Usia Dini Volume 8 Edisi 2. ISSN: 1134-196

Christian,Ni mande putri dwi aprilliani. 2018. Mengembangkan Karakter Positif Anak: Social Awere International. (1)

Mulyasa, E. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara.

Presiden Republik Indonesia 2005. Undang-Undang Republik

Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Permendiknas No 16 Tahun 2007. Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. jakarta.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Saputra. 2011. Analisis Kebutuhan Pelatihan Berbasis Kompetensi Guru SD Kab.Maros. Universitas Muslim Maros.(4)

Suyanto. 2005. Konsep Dasar Anak Usia Dini: Jakarta. Departemen pendidikan nasional.(6)

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.