PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. PEGADAIAN SYARIAH CAB. MEUREUDU ACEH

Riski Aseandi

Abstract


Kepuasan konsumen adalah sejauh mana manfaat sebuah produk dirasakan (perceived) sesuai dengan apa yang diharapkan konsumen. Jadi kepuasan yang dirasakan sangat diharapkan naabah pada saat menggunakan produk tersebut dan bermanfaat untuk kelangsungan hidup nasabah dan perusahaan kedepannya nanti.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Brand Image Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Pegadaian Syariah Cab. Meureudu Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampling kuota, yaitu mengambil sampel berdasarkan pemilihan yang memiliki ciri-ciri tertentu sampai jumlah atau kuota yang diinginkan.
Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari brand image, sedangkan variabel dependennya adalah kepuasan nasabah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan kuesioner (angket). Teknik analisis dalam data dalam penelitian ini menggunakan Korelasi sederhana, uji-t, uji-F dan uji koefisien determinasi (D). Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS (statistic Package for the Social Sciens) 16.00 for windows.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa brand image secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah. Dan secara simultan brand image memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Pegadaian Syariah Cab. Meureudu Aceh.


Full Text:

PDF

References


Jasfar, Farida, (2005), ‘’Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu’’ Cetakan ke-1, Bogor: Ghalia Indonesia

Simamora, Henry, (2000), ‘’Manajemen Pemasaran Internasional’’ Jilid ke-2, Jakarta: Salemba Empat

Amir, M. Taufiq, (2005), ‘’Dinamika Pemasaran’’ Edisi Pertama, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Kotler, Philip dan Susanto A.B , (2000), ‘’Manajemen Pemasaran di Indonesia analisis Perencanaan, Implementasi dan Pengandalian’’ Edisi Pertama, Jakarta: Salembat Empat

Kotler, Philip, dan Keller, (2007), ‘’Manajemen Pemasaran’’ Edisi ke-12, jilid ke-1, Jakarta: PT. Indeks

W. Lamb, Hair dan McDaniel, (2001), ‘’Pemasaran’’ Edisi pertama, Jakarta: Salemba Empat

Tjiptono, Fandy, (2008), ‘’Strategi Pemasaran’’Edisi ke-3, Yogyakarta: Andi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.