FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH MENABUNG PADA TABUNGAN MUDHARABAH DI BANK MUAMALAT CABANG BALAI KOTA MEDAN

Safaruddin Munthe

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh Bagi Hasil, Pelayanan, Religi dan Pendapatan terhadap Minat Menabung. Populasi dari penelitian ini adalah data yang diperoleh dari hasil kuesioner nasabah tabungan muamalat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu data yang diukur berdasarkan kuesioner yang dibagikan kepada nasabah tabungan muamalat yang berhubungan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah yang bersumber dari Bank Muamalat, jadi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder.Variabel dalam penelitian ini terdiri dari Bagi Hasil (X1) Pelayanan (X2), Religi (X3), dan Pendapatan (X4), Untuk mempermudah melakukan perhitungan penelitian ini menggunakan SPSS Versi 17 yang kemudian hasil dari SPSS tersebut di Interprestasikan. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut: secara simultan variabel bebas yaitu Bagi hasil, pelayanan, religi dan pendaparan mempengaruhi minat menabung di Bank Muamalat sebesar 58,2 %, sedangkan 41,8% dipengaruhi variabel lain yang tidak digunakan dalam model penelitian ini dan secara statistik menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel (32,753 > 2,30) dan untuk mendapatkan pengaruh yang positif dan signifikan maka variabel bebas (bagi hasil, Pelayanan, religi dan pendapatan) lebih kecil dari 0,05 sehingga secara bersamaan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel bebas yaitu (bagi hasil, Pelayanan, religi dan pendapatan) terhadap variabel terikat yaitu preferensi nasabah bank Muamalat karena tingkat signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05 atau hipótesis Ha di terima.

Full Text:

PDF

References


A.Karim, Adiwarman Bank Islam, Analisis Fiqih Dan Keuangan, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2010.

Antonio Syafi’I, Bank Syariah dari Teori ke Praktek, Jakarta : Gema Insani, 2001

Antonio, M.Syafii, Bank Syari’ah Suatu Pengenalan Umum, Jakarta : Tazkia Institute dan BI, 1999.

Echols, Jhon M. dan Hasan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: PT. Gramedia, 1995.

Infobank, No.366, September 2009.

Jaya, Indra, Tinjauan Mengenai Konsepsi Akuntansi Bank Syari’ah, Disampaikan pada pelatihan-Praktek Akuntansi Bank Syari’ah BEMJ-Ekonomi Islam, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2001.

Khan, The influence of religious on depositor behavior in an emerging market, Jakarta, 2010.

Mudjarat, Kuncoro, Metode Riset Bisnis dan Ekonomi, Jakarta : Erlangga. 2003.

Muhammad, Manajemen Bank Syari’ah, Yogyakarta : UPP AMP YKPN, 2002

Rizka M.Chamami, Studi Islam Kontemporer, Jakarta : Pustaka Rizki Putra, 2012.

Saeed, Abdullah, Bank Islam dan Bunga : Studi Kritis dan Interpretasi Kontemporer tentang Riba dan Bunga, cet ke-1, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2003.

Wirdyaningsih,dkk, Bank dan Asuransi Islam di Indonesia, Jakarta : Kencana Prenada Media, 2005


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.