PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS IPA DI SEKOLAH MENENGAH ISLAM TERPADU (SMIT) SITI HAJAR MEDAN

Robin Sirait

Abstract


Strategi pembelajaran aktif merupakan keterampilan guru mengadakan variasi dalam mengajar adalah suatu kegiatan guru dalam konteks proses interaksi belajar mengajar yang ditujukan untuk mengatasi kebosanan siswa, sehingga dalam situasi belajar mengajar, siswa senantiasa menunjukkan ketekunan, antusiasme, serta penuh partisipasi. Jadi bila para guru menerapkan strategi pembelajaran aktif terhadap kemampuan belajar siswa maka akan menjadi lebih baik sehingga tujuan dari suatu proses belajar mengajar akan dapat tercapai.
Pelaksanaan strategi dalam mengajar dianjurkan, karena guru yang mengadakan strategi pembelajaran seperti variasi, motivasi ataupun evaluasi dalam mengajar dapat menjaga tingkat perhatian, meningakatkan minat serta mencegah timbulnya rasa bosan dalam diri siswa.
Mengusahakan variasi dalam mengajar kiranya bukanlah suatu pekerjaan yang sulit. Untuk itu pengajar hanya membutuhkan keberanian serta bakat untuk mengorganisir jam pelajaran yaitu dengan melakukan selingan-selingan (variasi) ketika mengajar. Selingan-selingan yang kiranya dapat dilakukan antara lain yaitu sekali-kali waktu, guru kiranya dapat menugaskan seorang siswa untuk menulis suatu tugas latihan, atau menugaskan seorang siswa untuk menjelaskan sesuatu di papan tulis, atau menugaskan seorang siswa untuk menjelaskan lagi hal yang telah diajarkan, atau menugaskan suatu kelompok kecil untuk membahas sesuatu hal. Cara kerja seperti ini akan dapat memberikan warna lain dalam meningkatkan perhatian para siswa. Tentu saja ada variasi lain yang dapat dilaksanakan oleh guru, yang kemungkinan variasi tersebut tidak mengganggu suatu kuliah mimbar atau materi pelajaran yang disampaikan. Umpamanya saja strategi belajar seperti variasi dalam penggunaan kecepatan nada suara, variasi tempat pengajar berdiri dan duduk. Termasuk juga variasi guru dalam penggunaan media pengajaran dan banyak lagi variasi yang lainnya yang dapat dilakukan oleh guru yang dapat menarik perhatian para siswa dalam belajar.
Dengan adanya perhatian siswa terhadap gurunya, maka perhatian tersebut adalah merupakan suatu motivasi yang timbul dari dalam diri siswa. Pengaruh strategi pembelajaran aktif terhadap kemampuan belajar siswa adalah sangat besar, Hal ini dapat dilihat dari penjelasan di atas, guru yang mengadakan strategi pembelajaran yang baik dalam mengajar dapat menimbulkan perhatian dan minat siswa serta siswa tidak merasa bosan ketika belajar.
Berkaiatan dengan hal tersebut di atas, dapat dilihat dari penelitian yang telah peneliti lakukan di Sekolah Menengah Islam Terpadu (SMIT) Siti Hajar Medan mkec.Tuntungan , kota Medan. Dimana hasil dari penelitian tersebut yaitu terdapat pengaruh yang signifikan (meyakinkan) dari strategi pembelajaran aktif terhadap kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran sains IPA di SMIT Siti Hajar Medan, kec.Tuntungan, Kota Medan., dengan nilai angka kolerasi sebesar 0,99, jadi strategi pembelajaran aktif dapat memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kemampuan belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Asrori Muhammad, “Penelitian Tindkan Kelas”, (Bandung, Wacana Prima, 2007)

Daryanto, :Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif”, Cetakan 1 (Jakarta, Cerdas Mencerdaskan, 2009).

Danim Sudarman, Menjadi Peneliti Kualitatif, Cetakan 1, (Bandung, Pustaka Setia, 2002).

Fathurrohman Pupuh, dkk, “Strategi Belajar Mengajar Melalui Konsep Umum dan Konsep Islami”, (Bandung, Refika Aditama, 2007)

Iskandar, “Psikologi Pendidikan”, (Jakarta, Gaung Persada Press, 2009

James H. Mc Millan dan Sally Schumacher, Research and Education a Conseptual Introduction (New York : Longman, 2001)

Munandar Utami, “Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat”, cetakan 1, (Jakarta, Rineka Cipta, 1999)

Matthew B. Miles dan Michael A Thuberman, Analisis Data Kualitatif, Edisi Indonesia. Terj. Rohidi, Tjetjep Rohedi (Jakarta, VI Press, 1992)

Nurdin, Muhammad, “Kiat Menjadi Guru Profesional”, cetakan 1, (Jogyakarta, Ar-Ruzz Media, 2008)

Sharan B. Merian, Case Study Research ini Education : a Qualita twe Approach (San Fransisco, Jossy-Bass Publisher, 1988).

Wina Sanjaya, “Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum berbasis Kompetensi”, (Jakarta, Kencana, 2005).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.