PERANAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 BARUS TAPANULI TENGAH

Fenny Mustika Piliang

Abstract


Pada penelitian ini kesadaran guru, khususnya guru Biologi di SMP Negeri 1 Barus untuk menggali, mendalami dan memahami konsep-konsep serta cara penerapan pembelajaran STAD dalam proses pembelajaran di kelas Dari hasil wawancara baik dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, wakasek kurikulum maupun pengawas SMP Dinas Pendidikan Tapanuli tengah ditemukan bahwa guru biologi di SMP Negeri 1 Barus telah melaksanakan berbagai upaya dalam mengatasi hambatan-hambatan terkait dengan penerapan model pembelajaran STAD.
Untuk mengatasi kurangnya pemahaman guru tentang penerapan model pembelajaran STAD adalah dengan banyak membaca literatur tentang model pembelajaran STAD, melakukan MGMP secara rutin, mengikuti seminar dan diklat, baik tingkat lokal maupun tingkat nasional. Upaya mengatasi kurangnya pemahaman peserta didik tentang model STAD adalah dengan memberikan penjelasan tentang langkah-langkah pembelajaran STAD, kemudian memberikan tugas untuk dikerjakan secara berkelompok yang berhubungan dengan materi ajar, sehingga proses pembelajaran dapat menyenangkan sesuai dengan konsep STAD itu sendiri.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi 2001. Dasar–Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Banoe, Pono. 2003. Kamus Musik. Yogyakarta: KANISIUS.

Djaatar, Tengku Zahara. 2001. Kontribusi Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar. Jakarta: Subbag Publikasi Sekretariat Badan.

Hartayo, Jimmy. 1994. Musik konvesional dengan “do” tetap. Yogyakarta: Yayasan Pustaka Nusantara.

Haryati, Mimin. 2007. Model & Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Isjoni. 2008. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Jamalus. 1988. Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: DEPDIKBUD.

Jogiyanto. 2006. Filosofi, Pendekatan, dan Penerapan Pembelajaran Metode Kasus untuk Dosen dan Mahasiswa. Yogyakarta: ANDI OFFSET.

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning. Jakarta: PT Grasindo.

Listiarini, Yuni. 2012. Aplikasi Cooperative Learning Model STAD untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Seni Musik. Karya Tulis Ilmiah.

(Dipublikasikan). S1 Jurusan Pendidikan Seni Musik FBS Universitas Negeri Yogyakarta.

Miller, Hugh M. 1994. Pengantar Apresiasi Musik. Bandung: IKIP BANDUNG.

Olivia, Femi. 2011. TOOLS FOR STUDY SKILLS teknik ujian efektif. PT ELEX MEDIA KOMPUTINDO.

Purnama, Galih. 2013. Upaya Peningkatan Prestasi Belajar dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Invetigasi Kelompok (Group Investigation) Mata Pelajaran Seni Budaya (Seni Musik) pada Siswa Kelas IX A SMP Negeri 3 Ambarawa. Karya Tulis Ilmiah. (Dipublikasikan). S1 Jurusan Pendidikan Seni Musik FBS Universitas Negeri Yogyakarta.

Rofiq, M. Aunur. 2010. Pembelajaran Kooperatif (cooperative learning) dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. JURNAL FALASIFA.V(1) : 9.

Safrina, Rien. 1999. Pendidikan Seni Musik. Jakarta: DEPDIKBUD.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.