PENGARUH DISIPLIN PESANTREN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN MODERN DARUL 'ULUM AL-MUHAJIRIN KECAMATAN SELESAI KABUPATEN LANGKAT

Syahrul Holid

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah disiplin pesantren berpengaruh terhadap prestasi belajar santri di Pondok Pesantren Modern Darul 'Ulum Al- Muhajirin Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat. Untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan dalam penelitian ini digunakan riset lapangan yaitu dengan memakai alat-alat pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, interview atau wawancara dan angket. Selanjutnya data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis. Dalam penelitian ini digunakan data kuantitatif, yaitu dengan menggunakan angka-angka yang dibuat dalam bentuk tabulasi data dengan mencantumkan frekwensi dan persentasenya. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan dari disiplin pesantren terhadap prestasi belajar santri di Pondok Pesantren Modern Darul 'Ulum Al-Muhajirin Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat, maka digunakan teknik pengkorelasian dengan menggunakan rumus Analisis Statistik Korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa ternyata benar terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara disiplin pesantren terhadap prestasi belajar santri di Pondok Pesantren Modern Darul 'Ulum Al-Muhajirin Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengkorelasian dengan menggunakan Rumus Statistik Korelasi Product Moment yang diperoleh nilai sebesar 0,88 pada tingkat korelasi yang sangat tinggi. Atas dasar hal tersebut maka Pondok Pesantren Modern Darul 'Ulum Al- Muhajirin hendaklah lebih meningkatkan dan menerapkan segala bentuk disiplin pesantren tersebut dengan melakukan berbagai macam pendekatan kepada para santri dalam menerapkannya, hal tersebut dikarenakan agar pelaksanaan disiplin yang diterapkan oleh pihak pesantren mampu dijalankan oleh para santrinya bukan karena paksaan dari pihak lain melainkan karena kesadaran diri.

Full Text:

PDF

References


Mansur, 2007. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Marzuki, 1983. Metodologi Riset, Fakultas Ekonomi VII. Yogyakarta.

Muchtar, Heri Jauhari, 2005. Fiqih Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhaimin, 2005 kawasan dan Wawasan Studi Islam, Jakarta: Prenada Media.

Muhaimin, 2007 Penoembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Madrasah dan Perguruan Tinggi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muhajir, As’ani, 2003 Meniti Jalan Penidikan Islam, Tulungagung: P3M STAIN Kerjasama dengan Pustaka Pelajar.

Muhibbin Syah, 2002. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, cet. ke-7 Mujib, Abdul dan Jusuf

Mudzakar, 2006. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media.

Mulyasa, E, 2005. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munardji, 2004. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: PT Bina Ilmu. Nasir,

Ridwan, 2002. editor Adib Abdushomad, Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal, Yogyakarta: PUSTAKA Pelajar, 2005

Nizar, Samsul, 2002. Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis, Jakarta: CIPUTAT PERS. Ommar Muhammad Al

Toumi Al Syaibani, 1979. Filsafat Pendidikan Islam, alih bahasa Hasan Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang.

Patoni, Achmad, 2004. Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Bina Ilmu.

Ramayulis, 2001. Metodologi Pengajaran Islam, Jakarta: Kalam Mulia.

Ritonga A Rahman, 2002. Fiqh Ibadah, Jakarta : Gaya Media Pratama.

Riyanto, 2001. metodologi penelitian pendidikan, SIC : Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.