PERAN PEMANGKU ADAT DAN MAJELIS DUDUK SETIKAR KAMPUNG (MDSK) TERHADAP PEMBINAAN AKHLAK REMAJA DI DESA TENGGULUN KECAMATAN TENGGULUN KABUPATEN ACEH TAMIANG

Surya Bakti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui empat permasalahan, yaitu untuk mengetahui aktivitas apa saja yang dilakukan pemangku adat dan Majelis Duduk Setikar Kampung (MDSK) terhadap pembinaan akhlak remaja, materi apa saja yang dididikkan pemangku adat dan Majelis Duduk Setikar Kampung (MDSK) terhadap pembinaan akhlak remaja, metode apa saja yang dijadikan pemangku adat dan Majelis Duduk Setikar Kampung (MDSK) terhadap pembinaan akhlak remaja dan bagaimana pengawasan yang dilakukan pemangku adat dan Majelis Duduk Setikar Kampung (MDSK) terhadap pembinaan akhlak remaja di desa Tenggulun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan kenyataan yang ada tentang suatu variabel, gejala dan juga keadaan. Data yang didapat melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah dianalisis maka hasil dari observasi, wawancara dan dokumentasi akan disusun berupa kata-kata tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemangku adat dan Majelis Duduk Setikar Kampung (MDSK) mempunyai peran terhadap pembinaan akhlak remaja di desa Tenggulun, peran itu dapat dilihat melalui kegiatan dan aktivitas, pemberian materi, metode yang digunakan dan pengawasan yang dilakukan pemangku adat dan Majelis Duduk Setikar Kampung (MDSK) terhadap remaja. Namun pemangku adat dan Majelis Duduk Setikar Kampung (MDSK) tidak mendokumentasikan semua kegiatan yang dilakukan pemangku adat dan Majelis Duduk Setikar Kampung (MDSK) terhadap pembinaan akhlak remaja. Dalam pelaksanaan tugas, pemangku adat masih bersifat temporer yaitu ketika terjadi permasalahan remaja barulah ada pembinaan akhlak.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta.

Atwater, E,1992 Adolescence, Toronto Canada Inc: Prectice Hall.

Bupati & Staff, 2009, Qonun Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh Tamiang:tp

Budiono,2005, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Karya Agung.

Conger, J.J,1997 Adolescent and Youth, New York: Harper and Row Publishers Inc.

Departemen Agama,1967, Alquran Dan Terjemahnya, Jakarta:Yayasan Penyelenggara Penterjemah.

Daradjat, Zakiah, 1985, Membina Nilai- Nilai Moral di Indonesia, Jakarta: Bulan Bintang.

_________ ,1985,Pendidikan Anak dalam Keluarga dan Sekolah, Jakarta: Ruhama.

Ekowarni, E,1993, Kenakalan Remaja: Suatu Tinjauan Psikologi, Bulletin Psikologi.

Gubernur & Staff, 2004, Qonun Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Aceh:tp.

Hart, Michael H, 1978, The 100: a Rangking of The Most Influental Persons In History , New York:Carol Publishing Group/Citadel Press.

Hawari, D,1997, Alquran Ilmu Kedokteran Jiwa dan Kesehatan Mental. Jakarta: Dana Bhakti Yasa.

Hurlock, E.B,1973, Adolescent Development, Tokyo: McGraw-Hill Kogakusha.

Jalaludin, H,2003, Psikologi Agama, Jakarta: PT Grafindo Persada.

Ja’far, M, 1982, Beberapa Aspek Pendidikan Islam, Surabaya: Al- Ikhlas.

Mahyuddin,2001, Kuliah Akhlaq Tasawuf , Jakarta : Kalam Mulia.

McMillan, James H. & Sally Schumacher,2001, Research in Educatin: A Conceptual Introduction, Wesley Logman:tp

Milles, Matthew B. & A Michael Huberman,2007, Analisis Data Kualitatif, Jakarta:UI-Press

Miskawaih,Ibnu, 1985, tahdżīb al-akhlāq, Beirut: Dār al-kutub al-‘ilmiyah.

Mubarok, Achmad, 2001, Panduan Akhlakk Mulia Membangun Manusia dan Bangsa Berkarakter Jakarta : Bina Rena Pariwara. Mubarakfury,

Syeikh Shafiyyurrahman, 1999, al-miȘbāh al-munīr fī tahżī Tafsir Ibnu KaŚir, Riyadh: Darussalam.

Mussen, dkk, 1997, Child Development and Personality, New york: Harper and Row Publisher.

Monks, dkk, 1999, Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Moleng, Lexy J, 2001, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung : Remaja Rosdakarya).

Nuryoto, S,1992, Kemandirian Remaja ditinjau dari Tahap Perkembangan, jenis Kelamin dan Peran Jenis. Disertasi, Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Sahlan, M, Syafei,2002, Bagaimana Anda Mendidik Anak, Bogor:Ghalia Indonesia.

Sakur, Ahmad Muhammad, 1995, Almusnadu Lilimami Ahmadu Ibn

Muhammad Ibn Hambali, Al- Qohirah:Darul Hadis.

Sarwono, S.W,2002, Psikologi Remaja, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

_________,1986, Berkenalan Dengan Aliran dan Tokoh-Tokoh Psikolgi, Jakarta:Bulan Bintang.

Suryabrata, Sumadi,1981, Psikologi Kepribadian, Jakarta: Rajawali Press.

Shavelson, R.J & Roger E,1982, Self- Concept: The Interplay of Theory Method,. Journal of educational Psychology.

Tallent, N,1978, Psychology Of Adjusment: Understanding Ourselves and of Hers, New York: Litton Educational.

Yuhanar Ilyas,2004, Kuliah Akhlaq, Yogyakarta : LPII. http://www.aidsina. org/modules.php?name=News& file=articel&sid diunduh pada tanggal 12 Januari 2013 Pukul 14:23 WIB


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.