PEMBUATAN IKLAN KOMERSIAL DI MEDIA SOSIAL UNTUK PENGEMBANGAN USAHA KECIL DI KOMUNITAS GOPTKI DAN IPEMI KOTA BINJAI

Corry Novrica AP Sinaga, Elvita Yenni, Rafieqah Nalar Riezky

Abstract


Perkembangan dunia tekhnologi sangat membantu perkembangan ilmu komunikasi. Termasuk perkembangan dunia periklanan yang saat ini sudah berbasis digital. Kemajuan tekhnologi memungkinkan semua orang bisa melakukan sesuatu demi pengembangan bisnis dan usahanya secara mandiri. Langkah ini sangat ideal jika dilakukan oleh pengusaha kecil, atau industri rumah tangga. Biasanya usaha ini masih dalam taraf merintis dan mengembangkan usaha, dengan modal yang belum besar. Sehingga beriklan melalui media sosial, adalah pilihan utama, untuk mengenalkan dan mengembangkan usaha, Bisa dilakukan secara mandiri, dengan alat yang sudah ada, yaitu smartphone berbasis android atau IOS, yang dipastikan sudah dimiliki oleh masyarakat luas saat ini. Pengabdian Kemitraan Masyarakat, PKM/ abdimas, Pelatihan Pembuatan Iklan Komersial di Media Sosial untuk Pengembangan Usaha Kecil di Komunitas Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak Kanak Indonesia (GOPTKI) dan Ikatan Pengusaha Muslimah (IPEMI) Kota Binjai dimulai dengan melaksanakan pre- tes sejauh mana para peserta faham apa itu Iklan, apakah pernah beriklan, dimana mereka mengingklankan produk usahanya, dan bagaimana respon atau efek dari iklan yang pernah mereka buat. Kemudian tim PKM juga memberikan pelatihan, diskusi bahkan praktek tentang membuat Iklan Komersial Terakhir ada uji materi yang telah dibicarakan (post- test). Temuan di 2 mitra PKM menunjukkan, hampir 100 % mereka memiliki usaha sendiri dan pernah mempromosikan produknya melalui media sosial yang mereka miliki. Sebagian besar menggunakan Facebook dan Instagram. Selain menggunakan peralatan miliki sendiri, eperti smartphone, para peserta juga sudah mengenal alat lain seperti kamera DLSR yang membantu mereka membuat poto produk yang bagus. Namun sifatnya hanya belum professional dan secara teknis, hasilnya belum maksimal. Namun setelah pelatihan, terjadi peningkatan pengetahuan peserta pelatihan, tentang tekhnik pengambilan gambar poto iklan. Bahkan hasil praktek memotret produk, di uplot ke media sosial masing masing, sebagai bentuk promosi produk mereka

Full Text:

PDF

References


Djamal, Hidajanto & Andi Fachruddin, 2016, Dasar dasar Penyiaran: Sejarah, organisasi, operasional dan regulasi, Prenada Media Group (Kencana), Jakarta.

Moriarty, Sandra, Nancy Mitchell, William Wells, 2011, Advertising, Prenada Media Group (Kencana) , Jakarta.

Powerwanto dan Zakaria L Sukirno, 2016, Komunikasi Bisnis:Perspektif Konseptual dan Kultural, Pustaka Pelajar, Jogjakarta.

Tasruddin, Ramsiah. Tren Periklanan Di Media Sosial, Jurnal Komodifikasi, Volume 5, Juni 2017: hal 15-20. https:// journal.uin-alauddin.ac.id.

Lisawati, Permita, Efektifitas Iklan Pada Jejaring Sosial Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran Bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan Menggunakan Metode Epic , Jurnal Ekonomi Bisnis Volume 21 No.3, Desember 2016 https://media.neliti.com › media › publications › 96554-ID-efektivitasiklan- pada-jejaring-sosial-s.pdf

https://www.liputan6.com/citizen6/read/392 2906/jenis-jenis-iklan-berdasarkanisi- media-dan-tujuannya , di posting 21 Maret 2018, diakses 20 Desember 2019

https://ekbis.sindonews.com/read/663896/3 9/memandang-media-sosial-sebagaimedia- promosi-1344393003 di posting 08 Agustus 2012, diakses 20 Desember 2019

https://www.kompasiana.com/hadiprasetyo 9292/5b4a38eef133440e266eb1e4/ media-sosial-sebagai-mediapromosi- masa-kini?page=all, di posting 15 Juli 2012, diakses 20 Desember 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.