PELATIHAN COMMUNICATIONS SKILLS UNTUK PELAYANAN PUBLIK MENUJU PELAYANAN PRIMA (SERVICE EXECELLENCE) DI PUSAT PENGEMBANGAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN BIDANG BANGUNAN LISTRIK MEDAN (PPPPTK BBL MEDAN)

Syafruddin Syafruddin, Corry Novrica AP Sinaga, Aguslinar Aguslinar

Abstract


Mampu berkomunikasi secara efektif adalah yang paling penting dari semua keterampilan hidup. Komunikasi merupakan kegiatan mentransfer informasi dari satu tempat ke tempat lain dari satu orang ke orang lain. Dapat berupa suara (menggunakan suara), tulisan (menggunakan media cetak atau digital seperti buku, majalah, situs web atau email), secara visual (menggunakan foto, bagan atau grafik) atau non-verbal (menggunakan bahasa tubuh, isyarat dan nada suara). Seberapa baik informasi dapat dikirim dan diterima menjadi tolak ukur seberapa baik kemampuan komunikasi kita, yang menjadi faktor dominan dalam pelayanan prima.

Permasalahan yang terjadi di lembaga PPPPPTK BBL Medan, pertama adalah lembaga pemerintah yang bekerja khusus untuk memfasilitasi dan melaksanakan Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan sesuai dengan bidangnya, namun staf yang bekerja di dalamnya juga masih minim pengetahuan mengenai komunikasi. Kedua, tidak hanya pengetahuan dibidang komunikasi, para staf operasional juga minim pengetahuan mengenai pelayanan publik menuju palayanan prima. pelaksanaan kegiatan dengan tahapan pertama penguatan pada maksud dan tujuan kegiatan. Kemudian bentuk pre-test, menguji para peserta berkaitan dengan pengetahuan dan kemampuan mereka berbicara di depan umum. Satu persatu, peserta di beri kesempatan berbicara dengan menggunakan mikropon menjawab pertanyaan nara sumber/ pemateri. Tahap selanjutnya mensosialisasikan materi yang telah disusun oleh tim kepada para peserta pelatihan. Pemateri terdiri dari Team PKM/ Abdimas UMSU dan narasumber professional, Presenter I News TV, Nurleli, S.Sos., M.Ikom. Pelatihan diakhiri dengan post test dalam bentuk praktek berbicara yang di rekam dengan video handphone, dan di tayangkan di hadapan semua peserta. Naskah bicara juga di siapkan peserta. Evaluasinya, semua peserta dapat berkomunikasi verbal dan non verbal dengan baik, dengan berbagai cara, seperti berpidato, menjadi MC dan story telling.


Full Text:

PDF

References


Hardiyansyah, Dr, 2015, Komunikasi Pelayanan Publik, Konsep dan Aplikasi, Gava Media, Jogjakarta.

Muhammad, Arni, Dr, 2014, Komunikasi Organisasi, Bumi Aksara , Jakarta.

Wood, Julia T, 2013, Komunikasi Interpersonal, Interaksi Keseharian, Salemba Humanika , Jakarta.

Seisy A Parera, Meiske Rembang dan Elfie Mingkid, Peran Komunikasi Organisasi Dalam Pelayanan Publik di PT. Taspen (persero) Cabang Manado, Journal “Acta Diurna” Volume III. No.3. Tahun 2014

Ali Alamsyah Kusumadinata dan Maria Fitriah, Strategi Komunikasi Pelayanan Publik Melalui Program Pos Pemberdayaan Keluarga, Jurnal ASPIKOM, Volume 3 Nomor 2, Januari 2017, hlm225-238.

https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--komunikasi-solusi-dalam-mewujudkan-pelayanan-publik., di posting 18 Oktober 2019; diakses 20 Desember 2019

https://kepri.antaranews.com/berita/50308/komunikasi-pelayanan-publik; diposting 27 September 2018, di akses 20 Desember 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.