SOSIALISASI URGENSI AKREDITASI SEKOLAH BAGI MASYARAKAT DALAM MEMPEROLEH LAYANAN PENDIDIKAN YANG UNGGUL

Ida Martinelli, Nalil Khairiah

Abstract


Akreditasi sekolah adalah kegiatan penilaian (asesmen) sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah. Tujuan pelaksanaan akreditasi sekolah adalah untuk : (a) menentukan tingkat kelayakan suatu sekolah dalam menyelenggarakan layanan pendidikan dan (b) memperoleh gambaran tentang kinerja sekolah. Pengetahuan tentang akreditasi sekolah dan tujuan daripada pelaksanaan akreditasi sekolah belumlah begitu dipahami oleh masyarakat dikarenakan selama ini kurang mendapat sosialisasi tentang akreditasi sekolah. Bahwa akreditasi sekolah perlu diketahui oleh masyarakat supaya masyarakat dapat memilih sekolah yang unggul bagi anaknya/ siswa agar  mendapat pengalaman belajar yang berkualitas karena sekolah ya ng mempunyai nilai akreditasi A (= Unggul) berarti telah memenuhi syarat delapan Standar Nasional Pendidikan yang ditetapkan pemerintah sebagai acuan penilaian akreditasi sekolah dengan sangat baik sehingga dapat memberikan layanan pendidikan yang unggul juga. Sosialisasi urgensi akreditasi dilaksanakan dengan melibatkan   mitra, yakni Desa Pematang Johar Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang. Alasan dipilihnya mitra ini adalah masih minimnya sekolah dengan akreditasi yang unggul di wilayah ini. Dengan diadakannya  sosialisasi tentang urgensi akreditasi sekolah bagi masyarakat ini,   maka diharapkan dapat menumbuhkan pengetahuan tentang pentingnya nilai akreditasi yang unggul bagi sekolah yang berlanjut pada peningkatan kualitas sekolah dan kualitas layanan pendidikan yang unggul dan   menghasilkan lulusan yang unggul pula. Selain itu, dengan adanya sosialisasi urgensi akreditasi sekolah/madrasah  diharapkan dapat menggerakkan  partisipasi masyarakat melalui komite untuk membantu sekolah dalam meningkatkan kualitas akreditasinya. Sekaligus  memotivasi sekolah untuk terus berupaya mendapatkan nilai akreditasi yang unggul karena masyarakat akan memilih sekolah yang unggul bagi tempat belajar anak-anaknya.

Keywords


Akreditasi Sekolah; Layanan Pendidikan; Unggul

Full Text:

PDF

References


Saonodi, Ondi dan Sobaruddin, M.Pdi; Konsep-Konsep Dasar Menjadi Sekolah Unggul, Deepublish, 2015, Yogyakarta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem. Pendidikan Nasional. Permendikbud Nomor 59 Tahun 2012 tentang Badan Akreditasi Nasional. Pedoman Akreditasi Sekolah/Madrasah 2018, https://bnsm.kemdikbud.go.id

http://lp2m.umsu.ac.id/perkembangan-abdimas/ di unduh 10-12-209

https://www.academia.edu/18667816/8_STANDAR_PENDIDIKAN_PERSIAPAN_AKREDIT ASI_SEKOLAH_ di unduh 10-12 -2019

http://dikpora.jogjaprov.go.id/web/agenda/detail/langkah-strategis-persiapan-akreditasi-sekolahmadrasah di unduh 10-12-2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.