PENERAPAN NILAI-NILAI KETELADANAN OLEH GURU SERTA IMPLIKASINYA BAGI PERILAKU SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 054874 DESA SELAYANG KECAMATAN SELESAI-LANGKAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan hendak mengetahui cara dan bentuk serta persepsi siswa terhadap penerapan nilai-nilai keteladanan oleh Guru dan implikasi yang dihasilkan dalam mengubah perilaku siswa di sekolah dasar negeri 054874 desa selayang kecamatan selesai kabupaten langkat.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan melalui penelitian lapangan ( Field reseach) yaitu peneliti melakukan penelitian langsung ke lokasi penelitian untuk mendapatkan dan mengumpulkan data yang diperlukan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriftifkualitatif yang merupakan metode yang bertujuan untuk memperoleh informasiyang berkaitan dengan tujuan penelitian yakni tentang nilai-nilai keteladanan oleh Guru, danbagaimana persepsi siswa terhadap nilai-nilai keteladanan yang diterapkan guru di sekolah.
Hasil dan kesimpulan yang peneliti dapatkan di lapangan menyatakan bahwa penerapan nilai-nilai keteladanan yang diterapkan oleh guru ternyata disambut baik oleh para siswa, hanya saja belum seluruh siswa mengamalkannya dan masih terlihat adanya siswa yang suka berbicara kasar, baik kepada guru maupun teman-temanya di sekolah. Ada juga yang masih menunjukkan sikap yang kurang sopan dalam pergaulannya. Seluruh responden yang diwawancarai mengatakan bahwa perilaku negatif siswa tersebut disebabkan bahwa sikap dan perilaku siswa tersebut merupakan kebiasaaan yang mereka dapatkan di lingkungan masyarakat dan keluarga. Yang terbawa-bawa ke sekolah. Mereka menganggap bahwa lingkungan di sekolah sama dengan lingkungan dimasyarakat dan keluarganya.
Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan selalu memantau perubahan siswa dari hari kehari, mengadakan kerja sama dengan orang tua siswa agar ikut serta dalam mengawasi perkembangan perilaku dan pergaulan anaknya di lingkungan masyarakat. Guru dan orang tua siswa hendaknya selalu memberikann contoh yang baik dalam kehidupan sehari-hari, guru bertanggung jawab memberikan contok positif dan memantau perkembangan perilaku siswa, sedangkan orang tua bertanggung jawab memberikan contoh positif dan memantau perkembangan anaknya di lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Attas, Naquib, Konsep Pendidikan Dalam Islam, Bandung:Mizan, 1984
Al-Ghazali, Abu Hamid, Al-Ihya’ Ulumuddin, terj. Ismail Ya’qub, Semarang:Faizan, 1979
Ali Yusuf,dkk, Al-Qur’an Dan Terjemahnya, Bandung: J-ART, 2004
Al-Qarni‘, Aidh, Tafsir Muyasar jilid, Jakarta: Qisthi Press,2007
Alwi,Hasan, dkk. Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ke 3, Jakarta: Balai Pustaka, 2005
Asari,Hasan, Etika Akademis Dalam Islam, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2008
Bahri Djamarah,Syaiful, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rienika Cipta, 2002
Budiamin, Amin, dkk, Perkembangan Peserta Didik, Bandung: UPI PRESS,2006
Bungin, Burhan, Penelitian Kualitatif semua aspek,Jakarta: Kencana, 2009
J Moleong, Lexy, Metode Penelitian Kualitaif, Bandung: Remaja Rosda Karya,1991
Kamisah, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Kartika,1997
Margono, S, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rieneka Cipta, 2010
Mr. James Junior, The Oxford American College Dictionary,USA: Oxford University press,2001
Muhajir, Neong, Metode Penelitian Kualitaif, Yogyakarta: Rake Sarasin, 2005
Narbuko,Cholid, dkk, Metodologi Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara, 2001
Nurdin, Syafruddin, Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, Jakarta: Ciputat Pers,2003
Roqib, Nurfuadi, Kepribadian Guru. Yogyakarta: Grafindo Litera Media,2009
Subagyo, Joko, Metode Penelitian Dalam teori dan Praktek,Jakarta:Rieneka Cipta,2004
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitaif dan Kualitatif, Bandung:Al-Fabeta,2008
Sumadi, Surya subrata, Beberapa Aspek Dasar Kependidikan, Jakarta: Bina Aksara, 1983
Sunarto dan Hartono, Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta,2006
Suparlan, Guru Sebagai Profesi, Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2006
Syah, Muhibbin, Psikologi Belajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2009
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.