IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS NEGERI 1 TAPANULI TENGAH

Alfian Tanjung, Fenny Mustika Piliang

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah Model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) mampu mengurangi ketergantungan siswa kepada guru, mengembangkan kemampuan, mengungkapkan ide dan gagasan, membantu memberdayakan siswa lebih bertanggung jawab dalam belajar, serta meningkatkan motivasi belajar siswa.

Dari Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran tipe  Teams Games Tournaments (TGT) pada Pembelajaran Fiqih dapat meningkatkan hasil belajar di MTs. Al-Munawwarah Binjai Utara dengan menerapkan model pembelajaran TGT siswa lebih semangat dalam belajar, pada saat penerapan model pembelajaran TGT hasil belajar siswa meningkat. Karena terbukti pada saat  diberikan tes siswa langsung cepat merespon jawaban. Tetapi, jika hasil belajar dikategorikan pada nilai ujian, maka tidak semua siswa yang didalam pembelajaran TGT ini mendapatkan nilai baik, hanya beberapa saja.Jadi hasil belajar meningkat ketika didalam penerapan model TGT ini saja.


Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT)

Full Text:

PDF

References


Afifuddin dan M. Sobry Sutikno, Pengelolaan Pendidikan (Teori dan. Praktek). (Prospect. Bandung, 2008)

Ahmad, Jamaluddin,Metode Penelitian Administrasi Publik (Teori dan. Aplikasi), (Yogyakarta: Penerbit Gava Media, 2015)

Bahri. Saiful Djamarah, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. (Jakarta :Rineka cipta, 2000)

Bogdan dan Taylor. Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remadja. Karya, 1975)

Daryanto, Media Pembelajaran. (Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani, 2015)

Departemen Agama RI. Al-Quran dan Terjemahannya, (Bandung: PT. Sygma. Examedia Arkanleema, 2010)

Direktorat Tenaga Kependidikan Depdiknas, Standar Kompetensi Guru, (Jakarta: Depdiknas, 2003)

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. (Jakarta: PT. Rineka. Cipta, 2009)

Hariyanto, Suryono, Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. (Bandung. PT Remaja Rosdakarya, 2011)

Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2006)

Huda, Miftahul, Model-model Pengajaran dan Pembelajaran (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013)

Isjoni. Pembelajaran Kooperatif. Meningkatkan kecerdasan antar peserta didik. (Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Kemdikbud, 2010)

Jamilah, S.Ag, Kepala Madrasah MTs. Al-Munawwarah Binjai Utara, Wawancara Pribadi, Kamis, 15 Oktober 2020, 11:30 WIB.

Melida, Siswa Kelas IX MTs. Al-Munawwarah Binjai Utara, Wawancara Pribadi, Kamis, 15 Oktober 2020, 13:00 WIB.

M. Dafa, Siswa Kelas VIII MTs. Al-Munawwarah Binjai Utara, Wawancara Pribadi, Kamis, 15 Oktober 2020, 13:00 WIB.

Nazir, M. Metode Penelitian, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 1988)

Rusman, Model-model Pembelajaran. (Jakarta: Rajawali Pers, 2006)

Rusman, dkk Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan. Komunikasi : Mengembangkan Profesionalisme Guru. (Jakarta: Rajawali. Pers, 2011)

Sanjaya, Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.