PARTISIPASI ORANGTUA DALAM MENUMBUHKAN MINAT ANAK BELAJAR MEMBACA TAMAN KANAK-KANAK

Cynthia Yolanda

Abstract


Penulisan karya ilmiah ini berdasarkan latar belakang permaslahan bahwa orangtua banyak mengharapkan guru yang menjadi fasilitator dalam mengajarkan anak membaca. Orangtua menyerahkan seutuhnya kepada guru dalam mendidik anaknya untuk belajar membaca tetapi tidak sedikit juga dari mereka yang kurang memperdulikan belajar anak umumnya di sekolah dan di rumah pada khususnya, diakibatkan oleh berbagai faktor diantaranya faktor ekonomi keluarga, faktor kesibukan dalam berkarir dan sebagainya tidak hanya faktor eksternal tetapi faktor internal juga bagi keluarga yang brokenhome sehingga anak kurang terperhatikan dalam belajarnya di rumah dalam berpartisipasi menumbuhkan minat membaca anak.

Langkah/ cara orangtua dalam berpartisipasi menumbuhkan Minat baca pada anak : membelikan buku bergambar, memberi pertanyaan, memeluk anak, tidak terlalu cepat, tidak menutup buku secara langsung, berpendapat, bernyanyi, memasang karpet huruf, belajar membaca dengan flash card.

Pentingnya orangtua dalam berpartisipasi menumbuhkan minat membaca anak : jadilah orang tua yang suka membaca, jadilah orangtua pendongeng, berawal dari bacaan ringan, membuat perpustakaan mini, memotivasi bukan paksaan, hindari kebiasaan menonton TV /VCD/play station secara berlebihan.

Orangtua mempunyai peran penting dalam menumbuhkan minat belajar membaca anak. Oleh karena itu, orangtua harus ikut serta dan berpartisipasi dalam mengajarkan membaca anak di rumah. Orangtua sebagai pusat pembelajaran ketika anak di rumah. Anak harus dibimbing dengan baik dan difasilitasi dengan buku bacaan atu media lain yang berhubungan dengan menumbuhkan minat membaca siswa yang menarik.

 


Keywords


Partisipasi orang tua; minat membaca anak

Full Text:

PDF

References


Berhard 1997. Minat Membaca Anak : Pedoman bagi Orang Tua. Arcan: Jakarta

Bimo Walgito, Pengantar Psikologi Umum, Yokyakarta: Andi Offeset, 1990 hal. 56

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya Jakarta: Bina Aksara 1988)/ http:// Guru Profesional.Wordpress.com/200901/09/ki- karya- ilmiah-guru-SMA/ 20/03/2009 hal 1

Sumadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada 1993 hal. 14


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.