SISTEM PEMASARAN SALAK DI TIGA JUHAR FARM DESA RUMAH SUMBUL KECAMATAN TIGA JUHAR KABUPATEN DELI SERDANG SUMATERA UTARA

Siska Yulianita Lubis, Hambali Saputra

Abstract


Budidaya salak yang efektif, akan berimbas kepada hasil panen yang yang jauh lebih berkualitas dan juga lebih banyak. Pemilihan bibit yang tepat akan mempengaruhi hasil salak yang didapatkan. Bibit dapat diperoleh dengan memakai biji dan cangkok tunas.

Manajemen pemasaran adalah proses penetapan tujuan-tujuan pemasaran di dalam organisasi. Hal ini mencakup juga segala aktivitasnya bagaimana memenuhi tujuan tersebut disamping melakukan pengukuran kemajuan sudah mencapai level mana dengan mempertimbangkan peluang pasar dan sumber daya internal.

Identifikasi faktor internal yaitu struktur permodalan, luas lahan, kualitas buah, kemampuan inovasi produk jenis perencanaan, kapasitas produksi, kemampuan perencanaan, kualitas sumber daya manusia, sarana angkutan, dan promosi. 


Keywords


Sistem Pemasaran, Tanaman Salak

Full Text:

PDF

References


Anonim.2012. Salak madu menjadi favorit petani. https://peluangusaha.kontan.co.id/news/salak-madu-menjadi-favorit-petani-1.

Anonim.2019. Pengertian Pemasaran: Ruang Lingkup, Fungsi, Tugas, dan Jenis-Jenisnya. https://www.maxmanroe.com/vid/marketing/pengertian-pemasaran.html.

Anonim.2019. Pengertian Pemasaran: Ruang Lingkup, Fungsi, Tugas, dan Jenis-Jenisnya. https://www.maxmanroe.com/vid/marketing/pengertian-manajemen-pemasaran.html

Muqtadir Malik.2018. Pengertian Saluran Pemasaran, Fungsi, Bentuk, Contoh, Menurut Para Ahli. https://www.galinesia.com/2018/04/pengertian-saluran-pemasaran-fungsi.html.

Nixon MT. 2009. Buku Pintar Budi Daya Tanaman Buah Unggul Indonesia. Jakarta:Agromedia Pustaka.

Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian [PDSIP]. 2014. Ekspor Komoditi Pertanian Berdasarkan Negara Tujuan. Jakarta (ID): Kementrian Pertanian.

Purnomo, H. 2001. Budidaya Salak Pondoh. Aneka Ilmu. Semarang. 70 hal.

Soekartawi. 2000. Pengantar Agroindustri. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Soekartawi. 2005. Agroindustri Dalam Perspektif Sosial Ekonomi. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Tim Karya Tani Mandiri. 2010. Pedoman Budidaya Buah Salak. CV. Nuansa Aulia, Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.