KONSEP PENDIDIKAN ANAK MENURUT ALQURAN (KAJIAN TERHADAP SURAT LUQMAN AYAT 12-15)

Sarudin Sarudin, Dharmawati Dharmawati, Sahmiar Pulungan

Abstract


Pendidikan anak usia dini sendiri memiliki arti pemberian upaya untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh, dan pemberian kegiatan pembelajaran yang akan menghasilkan kemampuan dan keterampilan pada anak.

Dalam Undang-Undang No. 20 tahun 2003, pasal 1 ayat 14 telah dijelaskan bahwa yang dimaksud pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun, yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan di dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Pendidikan merupakan suatu proses perjalanan hidup seorang manusia, maka orangtua dapat bersyukur kepada Allah Swt. Dengan adanya pendidikan yang diberikan kepada anak oleh orangtua, maka orangtua berkewajiban untuk memberikan nasehat-nasehat agar anak-anak dapat bersyukur dan berprilaku baik kepada kedua orangtua. Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam surat Luqman ayat 12 sampai 15 tersebut diatas. Untuk mengatahui konsep pendidikan anak yang terdapat dalam surat Luqman ayat 12-15 serta pendidikan yang terdapat didalamnya.


Keywords


Pendidikan Anak Usia Dini, Surat Luqman ayat 12-15

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’anul Karim

Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetio, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia, 1997

Al-Suyuti, Abdurrahman Jalaluddin, Al-Jami’ Al-Shogir fi Ahadist Al-Basyir Al-Nadzir, Juz I, Libanon: Dar Al-Fikri.

Al-Ghazali, Imam, Ihya Ulumiddin, Terjemah: Moh. Zuhri Dipl. dkk., Semarang: As-Syifa, 2003.

AM, Sudirman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers, 1984.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Rineka Cipta, 2002.

At-Tirmidzi, Imam, Sunan Al-Tirmidzi, Juz III, Libanon: Dar Al-Fikri, 1994.

Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam; Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, cet. 1, 1990.

Depdiknas, Kurikulum Hasil belajar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Depdiknas, 2002.

Departemen Agama RI, Al Qur’an dan Terjemahnya, Semarang: Toha Putra, 1989.

Gardner, H. Frame of Mind: the Theory of Multiple Intelligences . New York: Basic Books, 1993.

Hasenstab, Comprehensive Intervention with Hearing-Impaired Infants and Preschool Children, London: An Aspen Publication, 1982.

Hawadi, Reni Akbar, Psikologi Perkembangan Anak Mengenal Sifat, Bakat, dan Kemampuan Anak, Jakarta: Grasindo, 2001.

Hidayati, Nur, dkk. Memperkecil Kekerasan Terhadap anak-anak di Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Departemen Agama, 2007.

http://www.whitehouse.gov/infocus/earlychild-hood/sect2.html.

Jalal, Fasli, “Peran Pendidikan Non Formal dalam Pembangunan Manusia Indonesia yang Cerdas dan Bermutu”, dalam seminar Sosialisasi Pendidikan Non Formal, Universitas Negeri Yogyakarta, 2006.

Kartini, Model Pembelajaran Atraktif di Taman Kanak-kanak, Jakarta: PPPG Keguruan, 2003.

Mansur, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Patmodewo, Soemiati, Pendidikan Anak Prasekolah, Cet. II, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Poerwadarminta, W.J.S., Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1976.

Pepak, “Kekerasan pada Anak”, http://pepak.sabda.org/pustaka/061184/13/7/2006.

Rakhmat, Jalaluddin, SQ for Kids; Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Sejak ini, Bandung: Mizan, 2007.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2004.

Riyanto, Theo, Pendidikan dan Pembelajaran Atraktif, Artikel (tidak diterbitkan), 2003.

Sukartono, Agus, Konsep Dasar Pendidikan Pra Sekolah, Jember: IKIP PGRI Jember, 2002.

Sukmadinata, Nana Syaodih, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, cet. 2, 2004.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta:Rineka Cipta. 2003.

Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1998.

Tangyong, Agus F., dkk. Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 1994.

Tim Media, Himpunan Undang-Undang, Surabaya: Media Centre, 2006.

Undang-undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, 2003.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.