PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA DAN PENILAIN KINERJA PADA UD. JAYA ABADI

Porkas Sojuangon Lubis

Abstract


Akuntansi pertanggungjawaban melalui struktur organisasi, penyusunan anggaran, dan sistem pelaporan biaya merupakan salah satu hal  yang penting sebagai alat pengendalian biaya dalam suatu  bidang  usaha  dan  sebagai penilaian kinerja. Dalam pengendalian biaya   dan   penilaian   kinerja   tersebut, maka  penyusunan  anggaran  akan menjadi hal yang sangat penting untuk membandingkannya dengan realisasi biaya yang akan terjadi dalam suatu kegiatan usaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan  akuntansi pertanggungjawaban didalam anggaran yang digunakan sudah efektif dan efisien untuk pengendalian biaya produksi dan penilaian kinerja pada UD. Jaya Abadi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan menguraikan permasalahan yang ada melalui informasi data. Objek penelitian  ini  adalah  UD.  Jaya  Abadi dapat dilihat dari adanya penggambaran secara jelas pembagian wewenang dan tanggung jawab untuk tiap tingkatan manajemen dan hubungan kerja antar bagian-bagian  dalam  perusahaan. Dengan adanya struktur organisasi memungkinkan keberhasilan program perencanaan dan pengendalian yang ditetapkan perusahaan.


Keywords


akuntansi pertanggungjawaba; pengendalian biaya; kinerja

Full Text:

PDF

References


Anthony, R. N, Govindarajan. 2005.

Sistem Pengendalian Manajemen. Jakarta. Salemba Empat.

Hansen, D. R, dan Mowen, M. M. 2005.

Akuntansi Manajerial. Jakarta. Salemba Empat. Kuncoro, Mudrajad. 2003. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta. Erlangga.

Mahsun, Mohamad. 2006. Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Yogyakarta. BPFE.

Mardiasmo. 2001. Akuntansi Sektor

Publik. Yogyakarta. Penerbit Andi.

Matz, Usry, dan Hammer. 2001.

Akuntansi Biaya. Penerjemah Wibowo. H. Edisi 13. Buku 1. Jakarta. Salemba Empat.

Mulyadi. 2006. Alternatif Pemacuan Kinerja Personel dengan Pengelolaan Kinerja Terpadu Berbasis Balanced Scorecard. Yogyakarta. BPFE-UGM.

Sunarto. 2004. Akuntansi Manajemen.

Yogyakarta. Penerbit BPFE.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.