PERAN PABRIK TAHU DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PADA LINGKUNGAN VIII KELURAHAN PEKAN KUALA KECAMATAN KUALA KABUPATEN LANGKAT

Ulen Bangun

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pabrik tahu  dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Lingkungan VIII Kelurahan Pekan Kuala Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat. Tinjauan ekonomi Islam terhadap peran pabrik tahu dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Lingkungan VIII Kelurahan Pekan Kuala Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat. Industri kecil juga merupakan salah satu komponen utama dalam pengembangan ekonomi lokal. KeberadaanNya sangat diperlukan di daerah pedesaan, karena industri pedesaan pada umumnya dapat dicirikan oleh industri berskala kecil, industri ini termasuk sektor informal yang sifatnya mudah dimasuki oleh tenaga kerja pedesaan. Tenaga kerja di pedesaan pada umumnya tidak memerlukan pendidikan tinggi akan tetapi memerlukan suatu keterampilan, Dalam proses industri, industri di pedesaan sangat diperlukan dalam upaya untuk meningkatkan nilai tambah yang pada gilirannya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Pertumbuhan industri kecil mempunyai peranan penting dalam menunjang laju pertumbuhan ekonomi daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Industri kecil terus bertambah sejalan dengan perkembangan pembangunan. Perkembangan sektor industri dalam pembangunan di Indonesia tidak terlepas dari peranan dan keberadaan sektor industri kecil dan kerajinan tangan, yang secara historis kehadirannya jauh lebih dahulu dibandingkan industri-industri modern, Setelah melakukan analisis terhadap data dalam penelitian ini, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Pabrik tahu di Lingkungan VIII Sido Selamat Kelurahan Pekan Kuala berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Beberapa indikasinya seperti:a). Menciptakan lapangan pekerjaan dan menyerap tenaga kerja bagi warga masyarakat di sekitar Lingkungan VIII Sido Selamat Kelurahan Pekan Kuala.b). Hasil produksi tahunya yang dijual murah kepada warga sekitar berperan dalam membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat, khususnya dalam perdagangan di bidang kuliner.c).  Limbah industri berupa ampas tahu dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk makanan ternak, sehingga dapat mengurangi biaya pemeliharaan dan perawatan hewan ternak masyarakat.2. Peran pabrik tahu dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Lingkungan VIII Sido Selamat menurut  perspektif Islam bahwa pemilik perusahaan telah bertindak sesuai dengan ketentuan syariat Islam. Beberapa indikasinya seperti:a)  Niat membuka usaha untuk memenuhi kesejahteraan diri dan keluarga serta upaya meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat sekitarnya.b) Memberikan upaya yang layak kepada para karyawan sesuai standar UMR.c) Menerapkan prinsif keadilan dalam pemberian upah bagi karyawan, serta memberikan kejelasan tentang akad antara perusahaan dengan karyawan terkait upah dan perjanjian kerja.d) Memperhatikan kelestarian lingkungan dalam hal pengolahan limbah produksi.


Keywords


Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Pendi Putro, “Kontribusi Pengrajin Industri Kecil Tahu dalam Meningkatkan Kehidupan Sosial Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Masyarakat desa Madegondo Kec. Grogol Kab. Sukoharjo)”, Jurnal Ilmiah Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Februari 2017

Fachri Yasin, Agrobisnis Riau Perkebunan Berbasis Kerakyatan, (Pekanbaru: UNRI Perss, 2003), hlm.168

Mubyarto, Ekonomi Rakyat, program IDT dan Demokrasi Ekonomi Indonesia, (Yogyakarta : Aditya Media, 1997), Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia: Beberapa Isu Penting, (Jakarta: Salemba Empat, 2000), hlm. 1.

Sigit Daryanto, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, (Surabaya: Apollo, 2001), hlm. 454.

Daryanto, Belajar dan Mengajar, (Bandung: Yrama Widya, 2010), hlm. 180.

Doyle Paul Johnson, terj. Robert M.Z. Lawang, Teori Sosiologi Klasik dan Modern, (Jakarta: Gramedia, 2002), hlm. 280.

Soerjono Soekanto, Sosiologi Suatu Pengantar, (Jakarta: Rajawali Pers, 2012), hlm. 212

R.K. Sari, Dampak Industri Kecil Tahu Terhadap Masyarakat di RT 01 RW 10 Kelurahan Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Pers. Diakses pada 23 Agustus 2020.

Perekonomian Indonesia, cetakan pertama, (Jakarta: Erlangga, 2009), hlm. 227.

Perdana Ginting, Perkembangan Industri Indonesia Menuju Negara Industri, (Bandung: Yrama Widya, 2009), hlm. 26.

Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, (Bandung: Alfabeta, 2012), hlm. 37.

T.K. Wie, Dialog Kemitraan dan Keterkaitan Antara Usaha Besar dan Kecil Dalam Sektor Industri Pengolahan, (Jakarta: Gramedia, 2001), hlm. 100.

Marbun, Manajemen Perusahaan Kecil, Edisi Pertama, (Jakarta:Binaman Pressindo, 2002), hlm. 2.

Tulus Tambunan, Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia: Beberapa Isu Penting, (Jakarta: Salemba Empat, 2002), hlm. 9.

F. Rahmawati, Teknologi Proses Pengolahan Tahu dan Pemanfaatan Limbahnya. Diakses dari: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/fitri-rahmawati. Pada 23 Agustus 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.