ANALISIS USAHATANI DAN SISTEM PEMASARAN SEMANGKA

Hendra Hidayah, Leni Handayani, A. Effendi Lubis, Siska Yulianita

Abstract


Rumusan masalah  dalam penelitian ini yaitu : 1). Bagaimana analisis usahatani dan pemasaran semangka terhadap pendapatan petanidi Desa Arapayung Kecamatan Pantai Cermin  Kabupaten Serdang Bedagai.

       Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metoda penentuan daerah penelitian yang ditetapkan secara purposive (sengaja), sampel dalam penelitian ini adalah petani di Desa Arapayung, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan sekunder. Analisis data pada perumusan masalah menggunakan fungsi Cobb Dauglas, rumus penerimaan, rumus keuntungan dan rumus analisis R/C ratio kelayakan usahatani semangka.

       Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Variabel independent (X1,X3, X4 dan X5) secara serempak berpengaruh nyata terhadap pendapatan petani semangka (Y) pada tingkat kepercayaan 95% yaitu (253,498 > 2,060). Secara parsial variabel sewa lahan (X1), benih (X3), pupuk (X4) dan pestisida (X5) berpengaruh nyata terhadap pendapatan petani semangka, , tenaga kerja (X2) tidak berpengaruh nyata terhadap pendapatan petani semangka (Y). Koefisien  Determinasi () menunjukkan nilai sebesar 0,949 artinya variabel independent  (X1, X3, X4 dan X5) secara serempak mampu memberikan penjelasan terhadap pendapatan petani semangka sebesar 94,9%, sedangkan sisanya 5,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam estimasi. 2) Variabel  independent status sewa  lahan berpengaruh nyata terhadap pendapatan petani semangka. 3) Adapun rata-rata pendapatan yang diperoleh  oleh petani di daerah penelitian sebesar Rp. 17.562.345,- dari sewa lahan 0,65 ha. 4) Usahatani tanaman semangka layak diusahakan karena nilai R/C rationya lebih besar dari satu (3,53 > 1).


Keywords


Usahatani Semangka; Sistem Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2007. Bertanam Semangka. Penebar Swadaya. Jakarta.

Alma.B. 2012. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.

Daniel, M. 2004. Pengantar Ekonomi Pertanian. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Kalie. Mochd. Baga. 2015. Bertanam Semangka. Penebar Swadaya. Jakarta

Leliana. 2000. Analisis Manajemen Strategi Perusahaan Benih Padi PT. Sang Hyang Seri Cabang Lampung. Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Bogor

Margono (2004). Ilmu Usahatani. Penerbit Alumni. Malang.

Pasaribu. 1992. Prinsip Ekonomi (Terjemahan Yohannes Lamarto). Erlangga Jakarta.

Samadi. B. 2010. Semangka Tanpa Biji. Kanisius Yogyakarta.

Soekartawi. 1995. Prisip Dasar Ekonomi Pertanian. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Susilawati, Pepi Nur. 2010. Produksi Benih Padi. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.