ASPEK METODE MAUIZHAH DAN APLIKASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENURUT SURAT LUKMAN AYAT 12-19
Abstract
Alquran sebagai pedoman hidup umat Islam, memuat semua segi kehidupan. Begitu banyak hal tercakup dalam ayat-ayatnya, baik yang tersurat maupun tersirat, dari kehidupan manusia sampai mencakup ke berbagai bidang Ilmu Pengetahuan. Berbagai macam ilmu ada dalam kandungan Alquran, di antara ilmu-ilmu tersebut adalah Sosiologi, Antropologi, Biologi, Sejarah, Botani, Humaniora, Seksologi, Astronomi dan Psikologi, adalah sebagian kecil Ilmu yang disinggung dalam Alquran. Pembahasan ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) dengan mempelajari dan memahami kitab-kitab tafsir, kitab-kitab hadis, kitab-kitab lain yang relevan dengan pembahasan, majalah-majalah, paper dan pendapat para pakar yang ada kaitannya dengan permasalahan yang dibahas. Selanjutnya mempersiapkan bahan-bahan yang akan dibahas dari buku-buku dan kitab-kitab yang relevan dengan masalah yang akan dibahas, baik yang sifatnya Primer maupun yang sifatnya sekunder. Sumber-sumber yang sifatnya primer ialah buku-buku atau kitab-kitab yang membahas tentang pendidikan, baik pendidikan secara umum maupun pendidikan Agama.
Adapun kesimpulan yang disampaikan adalah sebagai berikut : 1). Surat Luqman ayat 12 -19 ternyata memiliki kelengkapan untuk dijadikan sebagai dasar pendidikan agama. 2). Metode mauizhah dalam surat Luqman ayat 12 sampai dengan ayat 19 sangat relevan untuk diaplikasikan. Namun dalam pelaksanaan teknisnya harus mempertimbangkan hal-hal tertentu supaya metode tersebut efektif jika digunakan. Pertimbangan tersebut adalah faktor-faktor yang berkaitan dengan si pemberi nasihat, obyek nasihat, materi nasihat, situasi nasihat dan latar belakang nasihat serta sikap pemberi nasihat ketika memberikan nasihat Dan keampuhan metode mauizhah ini pun sangat tergantung pada siapa yang membawakannya dan dalam situasi yang bagaimana. Penggunaan metode mauizhah sama halnya dengan metode lain, ia akan menjadi alat yang tepat manakala dibawakan oleh pendidik yang tahu bagaimana menggunakannya dan dalam situasi yang cocok, baik materi yang dibawakan, tujuan yang dikehendaki, maupun waktu yang dipilih.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Hikmah, Alquran dan Terjemahnya, (Bandung: Diponegoro, 2007).
Aly, Hery Noer, Drs., Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta : Logos, 1999).
Amini, Ibrahim, Agar tak Salah Mendidik Anak, Penerjemah; Ahmad Subandi dan Salman fadlullah, (Jakarta, al-Huda, 2006).
Arief, Armai, Reformulasi Pendidikan Islam, (Jakarta: CRSD Press, 2005).
Arifin M.Ed., H.M., Ilmu Pendidikan Islam; Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, (Jakarta: Bumi Aksara, 2000).
-----------------------, Belajar Memahami Agama-agama Besar, (Jakarta: Sera Jaya, 1981).
Ar-Rifai, Nasib, M., Kemudahan dari Allah ; Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir, (Jakarta: Gema Insani Press, 1999).
Ash-Shabuny, Ali, M., Cahaya Alquran, (Jakarta : Pustaka al-Kautsar, 2002).
As-Syuíaibi, Ishaq, Ali Syawakh, penerjemah, Asmuni S. Zamakhsyari, Metode Pendidikan Alquran dan As- Sunnah (Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 1995).
Chalil, Munawar, KH., Kembali kepada Alqurandan As-Sunnah, (Jakarta: Bulan Bintang, 1973).
D., Marimba, Ahmad, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung: al-Ma’arif, 1980),
Darajat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta, Bumi Aksara, 1991).
Djamaluddin, Aly, Abdullah, Kapita Selekta Pendidikan Islam, (Bandung: Pustaka Setia, 1998).
Hamidy, Zainuddin, Dkk., Tarjamah Shahih Bukhari, Jilid II, (Jakarta, Wijaya, 1992).
Hamka, Prof., Dr., Tafsir al-Azhar, Juz XXI, (Jakarta : Pustaka Panji Mas, 1988)
Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003).
Hude, Darwis, Cakrawala Ilmu dalam Alquran, (Jakarta : Pustaka Firdaus, 2002).
Ibrahim, Mahyudin, Nasehat 125 Ulama Besar, (Jakarta: Darul Ulum, 1993).
Jalaluddin, Psikologi Agama, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996).
M. Fuad Abd al-Baqy, Mujam al-Mufahras li Alfadz Alquranal-Karim, (Beirut : Dar al-Fikr, 1987).
Mahalli. Mudjab, A., Asbabun Nuzul; Studi Pendalaman Alquran, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002).
Maraghi, Ahmad Musthafa, Al, Tafsir al-Maraghi, Juz. XIX, (Semarang: Toha Putra, 1993).
Masíud, Abdurrahman, Paradigma Pendidikan Islam,(Yogyakarta: Pustaka pelajar, 2001).
Mu'in, Abd., Thahir, Taib, Ilmu Kalam, (Jakarta : Wijaya, 1997).
Nata, Abuddin, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta : Logos Wacana Ilmu, 1997).
Nizar, Samsul, Filsafat Pendidikan Islam; Pendidikan Historis, Teoritis dan Praktis, (Jakarta : Ciputat Pers, 2002).
Quthb, Sayyid, Tafsir fi Zhilalil Qurían di bawah Naungan Alquran, (Jakarta: Gema Insani Press, 2004).
Sayyid Sabiq, Fiqh Sunnah, (Bandung : al-Maíarif, 1990).
Shihab, Quraish, M., Tafsir al-Misbah ; Pesan, Kesan dan Keserasian Alquran, (Jakarta: Lentera Hati, 2002).
---------------------, Secercah Cahaya Ilahi ; Hidup Bersama Alquran, (Bandung : Mizan, 2001).
Sudirman, Ilmu Pendidikan Islam, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 1991).
Syahidin, Metode Pendidikan Quríani ; Teori dan Aplikasi, (Jakarta: Misaka Galiza, 1999),
Tadjab, H., Dasar-dasar Kependidikan Islam (Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan Islam), (Surabaya: Karya Aditama, 1996)
Tim Penyusun, Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta : Balai Pustaka, 1994)
Zuhairini, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1995).
----------------------, Metodik Khusus Pendidikan Agama Islam, (Surabaya: Usaha Nasional, 1983).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.