PENGARUH PENERAPAN TEORI BELAJAR SIBERNETIK TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PAI DI SMP PUTRA JAYA STABAT KABUPATEN LANGKAT

Surya Bakti, Halimatus Sakdiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teori belajar sibernetik di SMP Putra Jaya Stabat Kabupaten Langkat, efektivitas pembelajaran PAI di SMP Putra Jaya Stabat Kabupeten Langkat dan pengaruh penerapan teori belajar sibernetik terhadap efektivitas pembelajaran PAI di SMP Putra Jaya Stabat Kabupaten Langkat.

       Metode dalam penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket (kuesioner). Data yang dikumpulkan dianalisis dengan rumus korelasi product moment.

       Hasil pengujian dengan menggunakan rumus korelasi product moment diketahui nilai koofisien antara variabel X dan Y adalah sebesar 0,639, dengan persentase rata-rata variabel X sebesar 68% dan variabel Y 62,5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penerpan teori belajar sibernetik dengan efektivitas pembelajaran PAI di SMP Putra Jaya Stabat Kabupaten Langkat. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan teori belajar sibernetik di SMP Putra Jaya Stabat Kabupaten Langkat telah dilaksanakan dengan cukup baik, Efektivitas pembelajaran PAI di SMP Putra Jaya Stabat Kabupaten Langkat telah menunjukkan tingkat yang relative tinggi. Hasil penelitian ini dianalisis melalui deskriptif persentase dan hasilnya adalah sebagian besar responden menjawab penerapan teori belajar sibernetik berkategori baik, dapat disimpulkan bahwa penerapan teori belajar sibernetik merupakan salah satu hal yang penting untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI.


Keywords


Teori Belajar Sibernetik; Efektivitas Pembelajaran PAI

Full Text:

PDF

References


Amin Nur, Muhammad, Islam dan Pembelajaran Sosial, Malang:UIN Malang Press, 2009.

Budiningsih, C Asri, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2005.

A. Uno, Hamzah, Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Departemen Agama RI., Al-Qur’an dan Terjemahannya, Bandung: Syaamil, 2003.

E. Bell Gredler, Margaret, Belajar dan Membelajarkan, Jakarta: Rajawali, 1991.

Esti Wuryani Djiwandono, Sri, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Gramedia Widiasarana, 2002.

Fathurrohman, Muhammad, Model-model Pembelajaran Inovatif, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2015.

Faisol, Gus Dur & Pendidikan Islam Upaya Mengembalikan Esensi Pendidikan di Era Global, Jogjakarta:Ar-Ruzz Media, 2011.

H Emerson, Efektivitas dan Efesiensi dalam Pembangunan, Jakarta, 1980.

Hamdani, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia, 2011.

Hamzah B. Uno dan Nurdin Mohammad, Belajar dengan Pendekatan Pailkem, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Ibnu Badar al-Tabany, Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual, Jakarta: Prenadamedia, 2014.

Muhibbinsyah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Muhaimin dkk, Strategi Belajar Mengajar, Surabaya: Citra edia Karya Anak Bangsa, 1996.

Muhaimin, Nuansa Baru Pendidikan Islam (Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan), Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.

Muhammad, Abu Bakar, Hadits Tarbiyah, Surabaya: Al-Ikhlas, 1995.

Marjohan, School Healing Menyembuhkan Problem Sekolah, Yogyakarta: Pustaka Insani Madani, 2009.

Nata, Abuddin, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Prenadamedia Group, 2010.

Nasution, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, Cet V, 1995.

Nawawi, Hadari, Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas Sebagai Lembaga Pendidikan, Jakarta: Gunung Agung, 1982.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta:Balai Pustaka, 2005.

Quraish Shihab, M Mukjizat Al-Qur’an Ditinjau dari Aspek Kebahasaan, Isyarat Ilmiah, dan Pemberitaan Gaib, Bandung: Mizan, 1998.

Rusman, Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru), Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.

Riyanto, Yatim, Paradigma Baru Pembelajaran (Sebagai Referensi Bagi pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2009.

Susanto, Heriono, Studi Korelasi Teori Belajar Sibernetik dalam Efektivitas Pembelajaran PAI di SMP AL-Falah Deltasari Waru Sidoarjo, Skripsi, Surabaya: IAIN Sunan Ampel, 2009.

S. Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan Komponen MKDK, Rineka Cipta: 2007.

Syahrum dan Salim, Metodologi Penelitian Kuantitatif, (Bandung, Citapustaka Media, 2016), h. 113.

Sudijono, Anas, Pengatar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2014.

Surya, Mohammad Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran, Bandung: Pustaka Bani Quraisy, Cet. 1, 2004

Sudjono, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers, 1994.

Thobroni, M, Belajar dan Pembelajaran (Teori dan Praktik), Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2017.

Wasito, Wojo, Kamus Lengkap Inggris, Inggris-Indonesia, Bandung:Hasta, 1980.

Zalali, Usman, Metode Penelitian Survei, Jakarta: Bumi Aksara, 1992.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.