SOSIALISASI PENGOLAHAN TABULASI DATA ADMINISTRASI PERKANTORAN MENGGUNAKAN APLIKASI MICROSOFT EXCEL PADA PERANGKAT DESA SEI MENCIRIM

Eka Rahayu, Tantri Hidayati Sinaga, Arie Rafika Dewi, Yulia Dalimunthe, Fadly Ahmad Kurniawan

Abstract


Tabulasi Data secara umum dilakukan dengan berbagai peralatan, mulai dari pencatatan secara manual di buku besar hingga penggunaan komputer sebagai media bantu untuk penyimpanan maupun pengolahan data. Proses Tabulasi Data di lingkungan instansi pemerintahan maupun perusahaan swasta saat ini paling dominan dilakukan untuk mengolah data yang berkaitan dengan kegiatan administrasi atau yang umum kita kenal dengan Administrasi Perkantoran.

Aplikasi yang paling banyak dipakai untuk melakukan tabulasi data adalah Microsoft Excel, selain karena tampilan pengolahan data lebih mudah dipahami karena dalam bentuk tabel, lengkapnya fasilitas untuk pengolahan data yang dimiliki Excel menjadikan program aplikasi ini dapat menjadi solusi untuk pengolahan data administrasi perkantoran.

Kantor Desa merupakan pusat kegiatan pelayanan administrasi masyarakat yang dalam kegiatan kesehariannya saat ini telah menggunakan komputer sebagai media dan alat bantu pekerjaan. Namun karena keterbatasan pengetahuan aparatur desa dalam bidang pengolahan data, menyebabkan penggunaan Microsoft Excel hanya terbatas pada kegiatan pembuatan table sederhana dan rumus dasar yang umumnya digunakan untuk melakukan kalkulasi dasar.

Kegiatan Sosialisasi pengolahan tabulasi data administrasi perkantoran ini dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan kepada aparatur Desa Sei Mencirim perihal pemanfaatan Microsoft Excel untuk melakukan pengolahan data seperti pencarian data, pengurutan data, penyaringan data hingga pengelompokan data dan penyajian data dalam bentuk grafik dengan mudah dan praktis.

Metode yang digunakan dalam sosialisasi ini adalah metode tutorial dan metode praktik. Pada metode tutorial peserta pelatihan yang terdiri dari perangkat Desa akan diberi penjelasan tentang pemanfaatan fungsi pengolahan data di Microsoft Excel, kemudian akan dibimbing perihal cara penggunaannya dengan menggunakan komputer yang terdapat di kantor Desa secara langsung oleh dosen yang melakukan kegiatan sosialisasi.


Keywords


Tabulasi Data; Microsoft Excel; Desa Sei Mencirim

Full Text:

PDF

References


Ananda, Shenia dan Rouf, Irwan. 2011. Buku Pintar Menguasai Microsoft Excel untuk Pemula. Jakarta: Mediakita.

Arista Prasetyo Adi. 2019. Buku Solusi Permasalahan Kantor Menggunakan Excel. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Deli Serdang Dalam Angka 2021 (https://deliserdangkab.bps.go.id/publication/2021/02/26/1c9e88f7c76d1c6b23db1dac/kabupaten-deli-serdang-dalam-angka-2021.html) diunduh 2 Juni 2021.

Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2014 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, Jakarta : 2014.

Yudhy Wicaksono, Solusi Kantor Tahun 2016. Mengelola Data Excel Dengan Sort Dan Filter. Jakarta: Elex Media Komputindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.