IMPLEMENTASI FORWARD CHAINING DALAM PENENTUAN DIAGNOSA PENYAKIT DIABETES MELLITUS (DM)

Nurjamiyah Nurjamiyah, Hasdiana Hasdiana, Tantri Hidayati Sinaga

Abstract


Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini maka penggunaan diagnosa diabetes secara digital layak untuk dipertimbangkan. Dalam artian, bahwa penggunaan program komputer akan mempunyai keefektifan di dalam membantu penanganan penyakit diabetes mellitus secara dini, agar tidak terjadi komplikasi yang tidak diinginkan.

Pada penelitian ini, telah dibangun sistem pakar yang dapat membantu diagnosa penyakit Diabetes Mellitus (DM) dengan menggunakan metode Forward Chaining. Dimana perancangan sistem yang dilakukan menggunakan UML (Unified Modeling Language). Sistem yang dibangun diharapkan dapat membantu diagnosa penyakit diabetes mellitus sejak dini, dan memberikan solusi dan penanganan yang harus segera dilakukan untuk mengatasi atau mencegah diabetes mellitus.

 


Keywords


Diabetes Mellitus (DM); Forward Chaining; UML

Full Text:

PDF

References


Aeni, K. “Penerapan Metode Forward Chaining Pada Sistem Pakar Untuk Diagnosa Hama Dan Penyakit Padi,” Intensif, vol. 2, no. 1, p. 79, 2018

Rofiqoh, S., D. Kurniadi, and A. Riansyah, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Tanaman Karet Menggunakan Metode Forward Chaining,” Ranc. Bangun e-CRM pada Pasar Murah Solo, vol. 1, no. 1, pp. 54–60, 2020.

Sugiharni, G. A. D. and D. G. H. Divayana, “Pemanfaatan Metode Forward Chaining Dalam Pengembangan Sistem Pakar Pendiagnosa Kerusakan Televisi Berwarna,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 6, no. 1, p. 20, 2017.

Syawitri, A., S. Defit, and G. W. Nurcahyo, “Diagnosis Penyakit Gigi dan Mulut Dengan Metode Forward Chaining,” J. Sains, Teknol. dan Ind., vol. 16, no. 1, p. 24, 2018

Verina, W. “Penerapan Metode Forward Chaining untuk Mendeteksi Penyakit THT,” J. Jatisi, vol. 1, no. 2, pp. 123–138, 2015.

Zunaidi,M. I. S. “Rule Base Expert System Dengan Metode Forward Chaining Untuk Memprediksi Kualitas,” Expert Syst., 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.